Umum

Universitas Ciputra Adakan Launching Day WMK, Pamerkan 120 Enterpreneur Baru

Portaltiga.com - Universitas Ciputra sukses mengadakan Launching Day dalam program Wirausaha Merdeka (WMK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diikuti oleh 610 mahasiswa dari 61 perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Ciputra berhasil mencetak 120 enterpreneur baru.

Launching day ini dirancang sebagai validasi tahap akhir sekaligus peluncuran entitas bisnis yang dihasilkan mahasiswa WMK Universitas Ciputra, sebagai kelanjutan dari validasi produk tahap pertama yang dilakukan selama Demo Day, dengan menerapkan perbaikan sesuai dengan masukan dari para konsumen.

Ketua WMK Universitas Ciputra David Sukardi Kodrat menjelaskan, launching day program WMK universitas Ciputra ini telah melalui proses panjang dalam mencetak wirausaha baru.

"Jadi setelah mereka melakukan observasi lapangan, terus kemudian pengambilan data pengumpulan sampai mereka membuat prototipe, kemudian prototipe itu dipamerkan pada saat demo day, kemudian hasil demo day itu mendapatkan masukan banyak, kemudian dilakukan launching day," ungkapnya saat ditemui, Jumat (9/12/2022).

Ia juga menjelaskan, melalui program WMK ini, Universitas Ciputra telah berhasil mencetak 610 mahasiswa dari 60 perguruan tinggi se Indonesia untuk menjadi wirausaha baru. Dari jumlah itu, Universitas Ciputra berhasil mencetak 216 bisnis baru dan dipamerkan di launching day di Atrium Mal Ciputra Surabaya selama dua hari yakni tanggal 8-9 Desember 2022.

"Bisnisnya ada di bidang kulineri bisnis, terus kemudian ada lagi bisnis kecantikan, terus ada di bidang digital," ungkapnya.

Baca Juga : 617 Karya Sineas Muda Beradu Kualitas di Ciputra Film Festival

Menurutnya, Universitas Ciputra akan selalu mendukung langkah pencetus Ciputra sebagai bagian penting dalam mencetak 4 juta wirausaha baru. Selain itu Ciputra ingin agar wirausaha tidak hanya terbatas pada orang yang memiliki modal yang kuat.

"Enterpreneur ini bukan eksklusif untuk orang-orang yang punya uang, tapi pak Ciputra kepingin anak petani, nelayan, polisi, tentara, orang-orang terbelakang bisa menjadi pengusaha," pungkasnya.

Senada, Executive Board Secretary Yayasan Ciputra Pendidikan Denny Bernardus mengungkapkan, program ini telah berjalan sejak 5 September 2022 hingga 9 Desember 2022.

Baca Juga : Universitas Ciputra Surabaya Beri Pendampingan ke Griya Kreative Private

"WMK ini kan berjalan 16 minggu di kampus kami berjalan secara hybrid ada online juga ada offline, program ini benar-benar luar biasa," katanya.

Ia berharap program ini dapat kembali terlaksana di tahun-tahun berikutnya. Agar tujuan mulia dari pendiri Ciputra untuk mencetak 4 juta wirausaha baru dapat segera tercapai.

"Semoga dukungan pemerintah dalam melaksanakan hibah ini dapat kami dapatkan kembali dalam tahun ajaran yang akan datang," pungkasnya. (tea/tea)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

UC Surabaya Dampingi UMKM di Desa Wage, Ini Tujuannya

Universitas Ciputra (UC) Surabaya terus berkomitmen untuk menumbuhkan wirausaha baru sesuai dengan harapan sang pendiri Ciputra. Salah satu upayanya adalah dengan menyalurkan dana hibah pengabdian masyarakat untuk pendampingan UMKM yang ada di desa Wage …