• Senin, 30 Jan 2023 08:52 WIB

Loyalitas Pemilih PKB Tertinggi Versi Litbang Kompas, Ini Kata Anik Maslachah

Loyalitas Pemilih PKB Tertinggi Versi Litbang Kompas, Ini Kata Anik Maslachah

Portaltiga.com - Litbang Kompas kembali merilis hasil survei perkembangan partai politik Indonesia hingga akhir bulan Oktober 2022 ini. Dari hasil survei yang dilakukan pada 24 September – 7 Oktober tersebut menunjukkan eksistensi pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang cukup signifikan.

Data Litbang Kompas menunjukkan bahwa loyalitas pemilih PKB mencapai angka 82,1 persen. Angka tersebut tertinggi dibandingkan dengan loyalitas pemilih yang dimiliki partai lain. Misalnya PDI Perjuangkan, loyalitas pemilihnya berada di angka 65,3 persen, PKS 65,2 persen, Partai Golkar di 56,6 persen.

Sekretaris DPW PKB Jatim Hj Anik Maslachah mengapresiasi hasil survei yang dilakukan lembaga cukup kredible tersebut. Hal ini selaras dengan kekuatan dari bawah kader-kader PKB yang tetap loyal dan selalu bertambah dari hari ke hari.

“Menurut saya tingginya loyalitas pemilih, membuat PKB Jawa Timur optimis mampu memenangkan kontestasi pemilu 2024 mendatang,” jelas Anik Maslachah, Senin (31/10/2022).

Menurut Wakil Ketua DPRD Jatim ini, hasil tersebut tidak lepas dari kerja keras kader dalam meraih kepercayaan masyarakat. Dimana kerja keras itu kini terus mulai membuahkan hasil. Dimana partai menugaskan para kader untuk merealisasikan janji-janji politiknya saat kampanye.

“Terlebih lagi, pada kader untuk menjalakan politik kehadiran dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, hasil yang cukup memuaskan bagi PKB dari hasil survei tersebut adalah volatilitas atau pergeseran pemilih PKB sangat rendah. Jika dibandingkan dengan partai lain. Volatilitas pemilih PKB berada diangka 17,9 persen. Sedangkan partai lain berada di angka lebih dari 30 pesen bahkan mencapai angka 60 persen.

Menurutnya, PKB saat ini ingin terus meningkatkan kepercayaan masyarakat tersebut sebagai modal untuk menghadapi Pemilu 2024. Baik Pemilu Legislatif maupun pemilihan Presiden. Sehingga PKB akan ikut ambil bagian dari penentuan calon Presiden mendatang.

Berkaca dari hasil survei tersebut, Anik meyakini andaikan PKB tidak mengusung capres yang dikehendaki pemilih pkb, loyalitasnya masih diatas 54,5%.

“Masih tertinggi dari partai yang lain. Tapi kalau PKB mengusung capresnya sendiri hasilnya lebih tinggi lagi dari 82,1 %,” yakin politisi perempuan dari Sidoarjo ini.

Menurutnya, optimisme terus dibangun karena PKB akan terus berbuat untuk rakyat. Karena sampai saat ini peran politik dengan kehadiran PKB mulai dirasakan oleh masyarakat.

“Jika nanti PKB mengusung Gus Muhaimin maju sebagai capres dengan tagline “MABES RAKYAT” maju bersama rakyat tentu berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia,” pungkasnya. (abd/abi)