• Rabu, 08 Feb 2023 19:48 WIB

Relawan PKS Disiagakan di Wilayah Banjir Jawa Timur

Relawan PKS Disiagakan di Wilayah Banjir Jawa Timur

Portaltiga.com - Beberapa daerah di Jawa Timur terendam banjir, Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kabupaten terkait dalam hal penanganan bencana.

“Begitu mendengar musibah banjir di beberapa tempat, kami langsung melakukan koordinasi, khususnya dengan relawan PKS dan DPD PKS yang daerahnya terkena banjir, ini kebiasaan kami,” tegas Irwan.

Menurut Irwan, dia akan terus melakukan koordinasi harian untuk memahami dinamika di tempat warga yang terdampak banjir dan prioritas bantuan yang akan dikirim dan tindakan yang akan dilakukan.

Setidaknya, ada beberapa daerah di Jawa Timur yang dikabarkan terendam banjir, yaitu Kabupaten Pacitan, kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, kabupaten Tulungagung, Banyuwangi dan Trenggalek.

Dari laporan relawan PKS di lapangan, Relawan PKS di Trenggalek dan Kabupaten Malang segera membuat dapur umum untuk menyiapkan makanan siap saji untuk warga yang terdampak dan membersihkan rumah-rumah warga dari lumpur yang masuk akibat banjir.

Sementara itu, relawan PKS di Blitar selain membuat dapur umum dan mendistribusikan makanan siap saji, juga segera membentuk satgas bencana dan posko di Desa Kalipang.

Sementara, Irwan menambahkan, DPD PKS lain di Jawa Timur juga sedang berkoordinasi untuk membantu daerah yang terdampak.

“Misalnya DPD PKS Ngawi yang siap mengirimkan perahu karet untuk Relawan PKS yang ada di Trenggalek. Ini yang saya syukuri dari PKS, jika ada musibah, semua bergerak membantu,” aku Irwan.

Irwan kemudian menyampaikan rasa bela sungkawanya atas musibah yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur.

“Mewakili PKS Jawa Timur, sama menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah yang terjadi. In syaa Allah relawan PKS akan berupaya memberikan kontribusi terbaik, mohon doanya,” kata Irwan.

Irwan kemudian memberikan apresiasi atas gerak cepat yang dilakukan relawan PKS dan struktur DPD PKS yang memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

“Ini bagian perwujudan visi PKS sebagai partai Islam rahmatal lil alamin yang kokoh dan terdepan dalam melayani rakyat dan NKRI,” ujar pria 46 tahun itu.

Irwan kemudian meminta DPD PKS di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dalam kondisi siaga dan menyiapkan langkah langkah aksi siaga bencana.

“PKS Jatim sudah aktifkan Gugus Tugas Siaga Bencana Tingkat Wilayah untuk memantau perkembangan kondisi Bencana di daerah dan mengkoordinasikan aksi siaga bencana,” tegas Irwan.

Tak hanya itu, Irwan juga meminta agar relawan terus melakukan koordinasi dengan stake holder terkait di daerah yang sudah terjadi bencana maupun di daerah yang belum.

“Jangan lupa juga melakukan langkah kolaborasi dalam turut serta membantu masyarakat di daerah terdampak,” pesannya. (abd/abi)