• Jumat, 30 Sep 2022 06:37 WIB

Elektibiltas PDI Perjuangam di Jatim masih tinggi dan banyak dipilih masyarakat

Elektibiltas PDI Perjuangam di Jatim masih tinggi dan banyak dipilih masyarakat
PDI Perjuangan mendapat elektabilitas 27,2 persen.

Portaltiga.com - Sebagai partai yang dalam 10 tahun terakhir menjadi pemenang Pemilu, PDIP nampaknya masih memiliki amunisi yang kuat dalam menyambut pemilihan umum yang akan datang. Pasalnya, dari hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC), partai besutan Megawati Soekarnoputri ini masih menjadi jawara elektabilitas di masyarakat Jatim.

Direktur SSC, Mochtar W Oetomo mengungkapkan, PDI Perjuangan berada di posisi puncak dengan perolehan 27,2 persen untuk elektabilitas partai politik.

“Baru kemudian disusul oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 19 persen dan 11 persen di urutan kedua dan ketiga”, ujarnya.

Mochtar menambahkan selain tiga posisi teratas, partai lain pun mengikuti seperti Golkar dan Demokrat dengan perolehan keduanya 6,8 persen, Nasdem dengan 3,5 persen, PKS dengan 3,4 persen, PPP 3,1 persen, dan PAN dengan 2,2 persen.

“Lainnya masih di bawah 2 persen, yakni Perindo 1,5 persen, PSI 0,3 persen, sisanya Garuda, Berkarya, Hanura, PBB, PKPI, Ummat, Gelora, PKN, dan Prima semuanya memeroleh sama yakni 0,1 persen”, ungkapnya.

“Menariknya, di survei elektabilitas partai masih ada 14,3 persen yang belum menentukan pilihan atau menyatakan tidak tahu. Ini berarti masih ada peluang yang cukup besar untuk diperebutkan dan digarap oleh partai-partai lainnya”, lanjut pria yang juga Dosen di FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini.

Dalam survey yang dilaksanakan tanggal 01-10 Agustus, juga menempatkan PDI Perjuangan memuncaki pilihan perempuan Jatim dengan meraih 26,8 persen.

“Baru kemudian diikuti oleh PKB dengan 19,2 persen dan Gerindra dengan 10,2 persen, Demokrat dengan 7,7 persen, serta Golkar dengan 6,9 persen. Partai-partai lainnya hanya berada di kisaran 5 persen ke bawah,” ujar Direktur Riset SSC Moh. Edy Marzuki.

Meskipun demikian, Edy menegaskan peluang untuk mengambil hati pemilih perempuan masih cukup besar.

"Masihada 15,5 persen perempuan yang belem menentukan pilihannya. Tentunya diperlukan trik-trik khusus untuk meraup suara dari kaum perempuan, karena pemilih perempuan adalah pemilih yang paling loyal,” ungkapnya.

Dalam survey tersebut lanjut Edy juga mengungkapkan PDI Perjuangan kemvali berada di posisi puncak dengan perolehan 29,6 persen untuk partai politik paling peduli terhadap rakyat kecil.

“Baru kemudian disusul oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 17,2 persen dan 8,2 persen di urutan kedua dan ketiga”, paparnya.

Selain tiga posisi teratas, partai lain Lanjut Edi, Demokrat dengan 6,2 persen, Nasdem dengan 5,4 persen, Golkar dengan 4,8 persen, dan Perindo 3,4 persen, serta PKS dengan 2 persen.

“Sementara lainnya masih di bawah 2 persen, yakni PAN 1,4 persen, PPP dengan 1,7 persen, sisanya Garuda, PBB, dan Hanura, Masing-masing memeroleh 0,2 persen, sedangkan, Ummat, Gelora, PKN, dan Prima semuanya memeroleh sama yakni 0,2," pungkasnya.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (ars/tea)