Umum

Ketua DPR RI Jangan Ada Lagi Kelangkaan Minyak Goreng di Negeri Sendiri

Portaltiga.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemangku kebijakan untuk terus memperkuat upaya yang berfokus pada peningkatkan produktivitas pangan, industri pangan dan kesejahteraan petani.

“Kedepan jangan terjadi lagi permasalahan seperti kelangkaan minyak goreng di negeri sendiri, yang merupakan negara penghasil CPO terbesar di dunia,” tegasnya dalam sambutan di Sidang Bersama MPR RI, DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Sidang Bersama DPR-DPD dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menurut Puan Indonesia di usianya yang mencapai 77 tahun, sudah harus mampu berdikari di bidang apapun, khususnya ekonomi.

“Kita tidak ingin hanya menjadi sasaran pasar dari produk luar. Kita ingin dapat berdikari di bidang ekonomi melalui industri nasional. Kita juga tidak ingin bangsa Indonesia hanya menjadi kuli di negerinya sendiri. Kita harus Bangga menggunakan produk anak bangsa Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya itu, pemerataan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia lanjutnya juga dinilai membutuhkan perhatian semua pihak, sebab kemajuan pembangunan di daerah adalah kemajuan Indonesia.

Puan pun menyinggung jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah berjumlah lebih dari 3,9 juta orang.

Baca Juga : Puan Maharani Target Ganjar - Mahfud Menang 60 Persen di Jatim, Relawan Jokowi Kecewa

“Reformasi birokrasi yang dijalankan oleh Aparatur Sipil Negara, merupakan sebuah modal kekuatan dalam mempercepat kemajuan Indonesia. Aparatur Sipil Negara harus meninggalkan sikap membenarkan yang biasa dan mulai dengan semangat baru yaitu membiasakan yang benar,” imbaunya.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPR RI Perempuan pertama ini juga mengajak seluruh masyarakat optimistis menyambut HUT ke-77 Indonesia. Ia pun mengajak para pemangku kepentingan memberi perhatian lebih untuk membangun generasi muda menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Esok, tanggal 17 Agustus 2022, adalah 77 tahun Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Semangat untuk merdeka, yang digelorakan 77 tahun yang lalu, adalah semangat untuk dapat menyusun bangsa dan nasib tanah air oleh Bangsa Indonesia sendiri,” kata Puan.

Baca Juga : Pertebal Kemenangan Ganjar-Mahfud, Puan Maharani Temui Gus dan Ning di Surabaya

Dengan tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, Puan mengajak para pemangku kepentingan menjadikan peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia sebagai momentum dalam mengambil tekad dan upaya untuk segera kembali melanjutkan pembangunan nasional untuk kemajuan Indonesia.

“MPR RI, DPR RI dan DPD RI, sesuai dengan kewenangan konstitusionalnya, akan terus bersinergi dengan Pemerintah dan masyarakat untuk percepatan pemulihan kondisi disemua sektor kehidupan,” ucapnya.

Menurut Puan, selama 77 tahun menyusun dan membangun Indonesia, telah banyak berbagai perkembangan dan kemajuan yang dialami bangsa. Baik dari sisi tata negara, sistem demokrasi, sistem pemerintahan, kehidupan dan penghidupan rakyat.

“Telah banyak capaian dan prestasi anak bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Sebagai anak bangsa, kita semua siap ‘Cancut Taliwondo’, menyingsingkan lengan baju, agar kita segera pulih dan bangkit untuk menjemput impian kolektif kita sebagai bangsa yakni Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” pumgkas Puan. (ars/abi)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

Puan Maharani Janji Segera Sahkan RUU Desa

"Tidak ada rencana untuk menahan, tidak ada rencana untuk menghambat. DPR ingin memastikan, yang paling penting adalah agar UU Desa dapat berguna bagi masyarakat desa," terang Puan. …