Umum

DPRD Jatim Berharap Peran Maksimal Jurnalis Tangkal Hoaks

Portaltiga.com - DPRD Jawa Timur (Jatim) berharap peran maksimal jurnalis Pokja Indrapura untuk memublikasikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan anggota dewan. Harapannya, masyarakat dapat memahami kinerja dan pengabdian dari para anggota dewan di parlemen.

Pesan itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Jatim Istu Hari Subagio saat acara FGD Pokja Indrapura, Kamis (4/8/2022). Estu, mengatakan, peran wartawan cukup vital agar kinerja dan kebijakan yang dibuat DPRD bisa sampai kepada masyarakat.

"Masyarakat perlu informasi faktual, akurat dan cepat terkait kinerja DPRD, sehingga stigma negatif terhadap DPRD bisa dihilangkan. Sebab, ada banyak berita hoaks dan isu negatif yang memberikan citra buruk DPRD di masyarakat," tuturnya.

Karena itu, dukungan media sangatlah penting. Media diharapakan bisa menjadi mitra kritis DPRD untuk mewujudkan program dan kebijakan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Ketua DPRD Jatim Kusnadi menambahkan, DPRD sesuai dengan kewenangannya bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Caranya dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada mereka. Hal itu penting agar kiprah DPRD positif di mastarat.

Baca Juga : Guru Sibuk Ngurus Administrasi, Anggota DPRD Jatim Minta Kurikulum Merdeka Dikaji Ulang

"Untuk mewujudkan semua itu butuh perangkat, salah satunya adalah publikasi dari teman-teman media," katanya.

Kusnadi mengatakan, publikasi media memberi keuntungan besar bagi anggota DPRD. Sebab kiprah dan kinerjanya bisa diketahui masyarakat. Namun, sebisa mungkin hal itu dilakukan untuk kemaslahatan bersama, untuk kepentingan masyarakat.

Baca Juga : Komisi E DPRD Jatim Dukung SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun Mendunia

Sementara itu Ketua Pokja Indrapura Riko Abdiono bersyukur relasi legislatif dengan media selama ini terbangun dengan baik. Sehingga segala hal positif terkait dengan kinerja DPRD Jatim atau kerja politik anggota legislatif bisa disampaikan kepada masyarakat secara proporsional.

Dia berharap hubungan baik tersebut bisa ditingkatkan tanpa meninggalkan sikap kritis dan netralitas sebagai jurnalis. "Selama ini kita bersama-sama membantu memublikasikan kegiatan DPRD. Ke depan mungkin perlu strategi publikasi yang lebih baik lagi, sehingga pemberitaan lebih maksimal," ujarnya.

Diketahui FDG ini dihadiri oleh Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Ketua Komisi A DPRD Jatim Estu Hari Subagio, Sekretaris DPRD Jatim Andik Fajar dan diikuti oleh seluruh anggota Pokja Wartawan Indrapura. (ars/abi)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

KPU Jatim Tetapkan 120 Caleg DPRD Provinsi Jatim Terpilih

Sebanyak 120 orang Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Periode 2024-2029 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) pada Selasa, 28 Mei 2024 pukul 10.00 WIB sampai dengan …