• Jumat, 12 Agu 2022 18:04 WIB

Student Council, Membangun Kemandirian Siswa SD Al Falah Surabaya

Student Council, Membangun Kemandirian Siswa SD Al Falah Surabaya
SD Al Falah Surabaya menggelar pelatihan Student Council di tahun ajaran 2022-2023. (Foto: SD Al Falah Surabaya for portltiga.com)

Portaltiga.com - SD Al Falah Surabaya menggelar pelatihan Student Council di tahun ajaran 2022-2023. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (30-31/7/2022).

Student Council merupakan pelatihan dasar kepemimpinan untuk memberikan bekal kepada kader-kader terpilih yang akan menjadi pioner sekaligus teladan bagi siswa-siswa di jenjang SD Al Falah Surabaya.

Ashari, pendamping siswa, mengatakan, lewat kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter yang baik dan tangguh serta melatih kemandirian, kebersamaan sekaligus menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Jangka panjangnya, siswa menjadi penggerak yang kreatif, sehingga dapat berperan optimal dalam mengembangkan dan membantu kemajuan sekolah.

Sebanyak 70 siswa pilihan kelas 4-6 mengikuti pelatihan yang diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Persamuh (Perkemahan 1 Muharram).

Dalam acara tersebut, terdapat beberapa divisi pelatihan yang diikuti siswa-siswa terpilih. Meliputi Kader Afeksi, Duta Literasi, Dokter Cilik, Duta Tanggap Bencana serta Duta Bahasa. Sementara yang menjadi narasumber adalah beberapa guru yang telah ditugaskan manajemen sekolah.

Acara ini diisi dengan pembekalan materi pengenalan diri, materi almamater, materi Kekhususan, Pelatihan Baris Berbaris serta pembagian tugas masing-masing divisi.

Ibro, siswa kelas 6A mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Apalagi ia harus menginap di sekolah bersama peserta lain hingga menyelesaikan kegiatan esok harinya.

“Acaranya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, pengalaman sekaligus melatih diri agar menjadi pribadi yang baik, berakhlak mulia dan bermanfaat bagi sesama,” tuturnya.

Senada, Rafiiandra, siswa kelas 5E berharap kegiatan semacam ini terus berlanjut di tahun berikutnya hingga muncul kader-kader baru yang bisa menjadi teladan bagi siswa-siswa di sekolah. (Abdillah F Hasan/abi)