SMP Al Falah Deltasari Gelar Karya Berekayasa dan Berteknologi Membangun NKRI

Portaltiga.com - SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo menggelar karya para siswa kelas 8 hasil dari pembelajaran proyek profil pelajar Pancasila (P5). Gelar karya dengan tema Berekayasa dan Berteknologi Membangun NKRI Melalui Teknologi Ramah Lingkungan dan Digital itu dihelat di ballroom sekolah, Sabtu (18/3/2023).

Dalam gelar karya P5 itu sekolaj mengundang orang tua wali murid kelas 8. Mereka diajak menyaksikan dan mengapresiasi hasil karya siswa.

Kepala SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo, Kusmanto dalam pembukaan gelar karya mengatakan, karya para siswa kelas 8 merupakan hasil pembelajaran proyek yang dikerjakan selama dua pekan. Pembelajaran itu dimulai sejak tanggal 6 Februari 2023 hingga 24 Februari 2023.

“Sekolah berharap dengan mengikuti pembelajaran proyek ini para siswa memperoleh pengalaman belajar yang baik. Hasil karya ini juga bisa dijadikan bekal ilmu bagi para siswa sehingga ketika mereka bersekolah ke jenjang berikutnya bisa menjadi bekal yang penuh manfaat,” kata Kusmanto di hadapan orang tua wali murid di auditorium sekolah, Sabtu (18/3/2023).

Sementara itu, Ketua Pembelajaran Proyek Muh. Zuhri mengatakan, pembelajaran P5 kali ini dibagi menjadi lima kelas proyek. Kelas itu berisi antara 19-20 siswa. Kelas proyek teknologi ramah lingkungan dibagi atas kelas eco-tech pengolahan limbah air rumah tangga, hydroponik, dan solar cells. Sedangkan kelas proyek teknologi digital terdiri atas kelas video animasi dan website design.

Usai pembukaan pameran, orang tua wali murid diajak bersama-sama mengapresiasi karya anak-anak mereka yang dipajang di ballroom sekolah. Para orang tua disuguhi teknologi panel surya yang sudah dirangkai dan menghasilkan energi listrik. Mereka juga melihat teknologi instalasi penjernihan air yang bisa diterapkan di rumah serta teknologi tanam sistem hidroponik. Mereka juga disuguhi karya video animasi dan website design yang ditayangkan lewat LCD.

Baca Juga : SMP Al Falah Deltasari Gelar Silaturrahim Akbar Majelis Taklim Surabaya-Sidoarjo

Sementara itu, di panggung utama ballroom para siswa kelas 8 melakukan presentasi hasil karya sesuai kelompok proyek. Ada 18 kelompok proyek secara bergantian memaparkan proses proyek yang mereka kerjakan di hadapan orang tua mereka.

Salah satu wali murid, orang tua siswa Sandyka kelas 8.1, nampak serius bertanya pada anaknya. Di depan laptop yang menayangkan website hasil design kelompoknya, ayah Sandyka bertanya mulai dari proses membangun website hingga hasil akhir. Sandyka serius menjelaskan kepada ayahnya sambil menunjukkan infografis serta portofolio proyeknya.

Baca Juga : SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Gelar P5 Bertema Dont Bully, Be a Friend

Sementara itu, ayah dari Rafi Satriyani kelas 8.3 nampak senang dan mengapresiasi hasil proyek putranya berupa tanaman hidrponik. Ayah Rafi Satriani berharap anaknya bisa menerapkan hidroponik itu di rumah.

“Ada taman depan rumah yang bisa ditanami sistem hidrponik. Kebetulan Mamanya ingin nanam sayur mayur di taman rumah,” kata Ayah Rafi Satriyani sambil berharap pembelajaran proyek menjadikan anaknya bisa berpikir kreatif dan prosedural. (ansor/abi)

 

 

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait
Berita Terpopuler
Berita Terbaru