1 Desa Terisolir Banjir Luapan Bengawan Jero, Nasib Warga Lamongan Mengenaskan

Warga menggubakan perahu sebagai sarana transportasi. (Foto: adit jatimnow.com)

Portaltiga.com - Satu desa terisolir akibat banjir luapan sungai Bengawan Jero Lamongan. Nasib warga pun mengenaskan. Mereka tidak bisa lagi beraktivitas karena dikepung genangan air sejak sebulan yang lalu.

Satu desa terisolir banjir tersebut merupakan Desa Bojoasri, Kecamatan Kalitengah. Banjir di sana ketinggiannya berkisar antara 30 sampai 50 Cm.

Warga menggunakan perahu sebagai alat transportasi. Pasalnya, akses jalan menuju desa tersebut terputus imbas genangan air 50 Cm yang tak mampu dilalui kendaraan roda dua.

Dari data yang dihimpun BPBD setempat, Kecamatan Kalitengah memang menjadi lokasi paling berdampak dari banjir. Dari catatan, terdapat 8 desa tergenang air mulai 39 hingga 61 Cm.

Menurut salah satu warga Desa Bojoasri, Titin mengaku banjir di desanya sudah terjadi sekitar 1 bulan yang lalu namun makin parah ketika masuk pertengahan bulan Februari ini.

"Sudah hampir satu bulan ini banjir tapi minggu ini parah, jadi ini mengungsi ke rumah adik (saudara)," papar Titin, seperti dilansir jatimnow.com, Senin (20/2/2023).

Baca Juga : DPRD Surabaya Minta Pemkot Normalisasi 245 Titik Sungai Untuk Cegah Banjir

Titin mengungkapkan akses jalan menuju desanya tidak bisa lagi dilalui kendaraan, jika memang nekat menerjang banjir maka berisiko mogok.

"Kegiatan sehari-hari menggunakan perahu," katanya

Warga yang memilih mengungsi itu adalah kalangan lansia, sementara lainya masih bertahan dengan harapan banjir segera surut.

Baca Juga : Cegah Banjir, DPRD Surabaya Minta Pemkot Jalin Koordinasi Dengan BBWS

Sementara dilaporkan warga aktifitas pendidikan yang berada di desa tersec)but diliburkan kendati kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan proses belajar mengajar.

"Mulai hari ini seluruh jenjang pendidikan TK, MI, MTs mulai sepi karena diliburkan, genangan air banjir makin tinggi," ujar warga setempat, Mahrus. (jnc/abi)

 

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait
Berita Terpopuler
Berita Terbaru