Ganjar dan Prabowo Capres Pilihan Warga Jatim, Khofifah Urutan Tiga

Portaltiga.com - Pemilihan Presiden (Pilpres) baru akan digelar di tahun 2024 nanti. Meski demikian 2 nama sudah mulai mencuat dan bersaing ketat secara elektabilitas menjadi favorit di Jawa Timur. Keduanya adalah Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Surabaya Survey Center (SSC), Mochtar Wahyu Oetomo berdasarkan dari hasil suvei

“Ganjar dan Prabowo bersaing ketat secara elektabilitas di Jatim, meski ada nama-nama lain yang menyusul seperti Anies Baswedan dan Khofifah, namun prosentase keduanya masih jauh tertinggal oleh Ganjar dan Prabowo,” kata Mochtar.

Di survei elektabilitras, Ganjar memuncaki hasil suurvei dengan capaian 25 persen. Kemudian baru disusul Prabowo dengan perolehan 18,2 persen, serta Khofifah dan Anies yang keduanya memeroleh 7,5 persen, ada juga Tri Rismaharini dengan 5,8 persen.

Baca Juga : Ganjar - Mahfud MD, Sebuah Keputusan Objektif Megawati

“Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, seperti Ridwan Kamil dengan 4,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 4,5 persen, Puan Maharani dengan 3,3 persen, Erick Thohir dengan 2 persen, Sandiaga Uno dan Muhaimin Iskandar keduanya 1,8 persen, Mahfud MD 1 persen, Airlangga Hartanto dengan 0,8 persen, Hari Tanoe S. dan Gatot Nurmantyo keduanya 0,4 persen, Surya Paloh ada 0,2 persen, sedangkan Muldoko 0,1 persen," imbuhnya.

Baca Juga : Jutaan Massa Ramaikan Mlaku Bareng AMIN di Sidoarjo, Pengamat Politik Tak Heran

Meski demikian, pria yang juga dosen di Universitas Trunojoyo Madura ini mengungkapkan untuk bursa capres masih begitu terbuka. Masih banyak waktu bagi kandidat lain untuk meningkatkan elektabilitasnya, Di survei kali ini masih ada 15,1 persen yang belum mementukan pilihan. Tentunya ini juga bisa mengubah elektabilitas Capres tergantung siapa yang bisa memikat hati masyarakat Jatim.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (ars/abi)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait
Berita Terpopuler
Berita Terbaru