Peserta Kongres V Partai Demokrat Diperiksa Ketat Cegah Corona

Portaltuga.com – Kongres V Partai Demokrat berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (15/3/2020). Seluruh peserta kongres diperiksa suhu tubuh sebagai langkah antisipasi pencegahan Covid-19 atau virus Corona.

Dalam pelaksanaan kongres yang akan memilih ketua umum baru Partai Demokrat pengganti ketua umum sebelumnya Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), antisipasi terhadap virus ini dilakukan oleh panitia kongres di arena kongres kepada peserta yang berasal dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kota Kabupaten dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Provisi se Indonesia.

Dari pantauan di lokasi Kongres sedikitnya tiga kali pemerikasaan dilakukan oleh panitia dengan menggunakan alat deteksi suhu tubuh (thermal scanner) dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) kepada para peserta kongres.

Menurut dr Agung Mulyono, salah satu tim Medis Protokol Corona yang juga pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur, dalam pemeriksaan ini, peserta yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat Celicus akan dipisahkan ke ruangan lain.

Dalam pemeriksaan awal Ada sekitar 6 orang yang diperiksa lantaran suhu tubuhnya mencapai 37,2 derajat celcius.

“Ada 6 orang kita observasi. Kalau ada yang mencurigakan akan dirujuk, kita punya rujukan 4 rumah sakit. Peserta ini memang tadi melakukan aktivitas olahraga,” terang Tim dokter Agung Mulyono di lokasi kongres.

BACA JUGA: Kongres V Partai Demokrat Dipercepat, Ini Alasannya

Agung yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini berharap, dengan dibentuknya protokol corona Kongres V Partai Demokrat berjalan lancar dan sukses.

“Kalau toh ada yang sakit cepat tertangani. Sehingga proses Kongres ini berjalan lancar. Apalagi peserta yang punya suara,” harapnya.

Kata Agung pengecekan suhu tubuh merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Selain itu, dia juga meminta agar para peserta mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang tersedia.

Untuk diketahui, tim medis menyiapkan 7 dokter dari DPP, 16 para medis dan 34 dokter dari seluruh DPD yang ikut memberikan bantuan tim medis.

Sekedar di ketahui, Partai Demokrat hari ini menggelar kongres V. Kongres yang berlangsung ini untuk memilih ketua umum periode 2020-2025.

Dalam pelasanaan, Peserta Kongres yang merupakan unsur Ketua Sekertaris dan Bendahara DPC dan DPD ini sejak masuk harus diperiksa. Tiga kali pemeriksaan dilakukan oleh panitia Kongres kepada peserta.

Pemeriksan pertama dilakulan ketika peserta masuk halaman arena kongres. Pemeriksaa. Kedua dilakukan di pintu pertama mau.masuk hall. Pemeriksaan ketiga ketika mereka masuk arena pembukaan di hall pelaksanaan kongres. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »