portaltiga.com
Headline Umum

“Pangeran Vaksin India” Berjuang Hentikan Pandemi Covid-19

Portaltiga.com – Seorang pria asal India berjuang kuat mengakhiri pandemi Covid-19. Pria itu adalah Adar Poonawalla, CEO Serum Institute of India (SII).

Pria yang dijuluki ‘Pangeran Vaksin dari India’ ini memiliki kontribusi yang cukup besar untuk membuat vaksin Covid-19, salah satu cara mengakhiri pandemi.

Dia memiliki komitmen untuk membuat jutaan dosis vaksin Covid-19 yang saat itu masih tidak pasti keberhasilannya. Adar rela menghabiskan jutaan dolar ke fasilitas manufakturnya di India.

Saat itu, vaksin yang dibuat oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca (AZN), masih dalam uji klinis. Tidak ada yang yakin berapa lama vaksin akan berkembang, apalagi apakah itu akan berhasil.

“Itu adalah risiko yang diperhitungkan,” kata Adar, dilansir detikcom, Senin (8/11/2021).

“Tapi saya tidak melihat pilihan pada saat itu, jujur saja. Saya hanya merasa menyesal jika tidak melakukan satu atau lain cara,” kata Adar kepada CNN.

Untuk membuat rencananya berhasil, Adar pertama-tama harus mengumpulkan hampir 1 miliar dolar AS. Selain itu SII juga telah berjanji untuk memberikan pasokan vaksin kepada negara-negara miskin.

Jika hal tersebut berhasil, Adar akan menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya dan dipuji sebagai pahlawan selama periode pandemi Covid-19.

Tak lama, rencananya menemukan titik terang. Uji klinis berhasil dan AstraZeneca mendapat persetujuan dari regulator Inggris pada Desember 2020.