Jelang Coblosan, Elektabilitas Khofifah-Emil Tak Terkejar GI-Puti

Portaltiga.com – Jelang hari pemilihan di Pilgub Jatim 2018, pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak berpeluang untuk terpilih jadi pasangan gubernur dan wakil gubernur.

Pasangan yang diusung Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP dan Nasdem, dari hasil survey yang dilakukan Surabaya Survey Centre (SSC), elektabilitasnya berhasil ungguli pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno.

Dari hasil survey yang dilakukan pada bulan Juni 2018, elektabilitas pasangan no urut 1 ini mencapai 47,1%. Sedangkan pasangan Gus Ipul – Puti Elektabilitasnya 42,1%.

“Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan elektabilitas kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jatim. Pasangan KIP-Emil mengalami peningkatan 6,1%. Tren peningkatan ini jika dilihat pada bulan April 2018 elektabilitas KIP-Emil masih 41,1%. Sementara tren peningkatan elektabilitas pada pasangan GI-Puti sebesar 2,9% dari perolehan bulan April 2018 sebesar 39,2%,” jelas Moh. Edi Marzuki, Direktur Riset SSC.

Menurut dosen Universitas Yudharta ini, sisi positif kenaikan eleltabilitas kedua pasangan calon ini, tingkat pastisipasi publik jatim dalam pilgub 2018. Hal ini terlihat dari undecided voters yang mengalami penurunan cukup signifikan, yakni dari 19,7% pada bulan April 2018 lalu menjadi 10,7% pada bulan Juni 2018.

“Melihat tren di atas menjadi kabar yang menggembirakan dalam perkembangan demokrasi di jatim. Karena tingkat ketertarikan masyarakat Jawa Timur dalam partisipasi Pilgub Jatim mulai meningkat dari hari kehari. Jika angka undecided voters ini bisa terus menurun, maka angka golput pada pilgub juni ini akan semakin kecil” ujarnya.

Survei dengan metode multistage random yang dilskukan oleh SSC ini, dilakukan pada tgl 04 -13 Juni 2018 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan margin of error 3%. Level of confidence (tingkat kepercayaan) 95% dan jumlah sampel 1.070 responden. (doy/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION