Cara Nongkrong Asyik Dan Cerdas Di Perpustakaan Balai Pemuda

Portaltiga.com – Jika mau nongkrong enak dan nggak mau panas-panasan plus dapat asupan literasi, coba mampir ke perpustakaan umum Surabaya yang terletak di dalam Balai Pemuda Jl Gubernur Suryo 15 Surabaya. Memang saat mencarinya akan sedikit sulit karena kebetulan Balai Pemuda sedang renovasi, parkir sendiri lewat sebelah DPRD depan kuliner legendaris es krim Zangrandi.

Perpustakaan balai pemuda memang memiliki koleksi tak selengkap perpustakakan lain, tapi dilihat dari desainnya memang untuk tempat nongkrong. Mulai ada korean corner, childern play land atau ruang santai untuk orang tua saat mengantar anak-anaknya beraktivitas di Balai Pemuda.

“Aku sering istirahat disini saat anakku ada latihan di lorong Balai Pemuda,” ungkap Mungki yang jauh-jauh dari Sidoarjo mengantar putrinya untuk latihan tari.

Tak dipungkiri memang aktivitas seni memang padat di balai Pemuda, disini pusatnya orang-orang berlatih mulai teater, tari, dance, ludruk sampai cangkruk ala sastra. Pemkot Surabaya memang sedang memperbarui Balai Pemuda lebih terkesan modern hingga tak kusam dan kuno lagi.

Biarpun perpustakaan Balai Pemuda ini dikhususkan berKTP Surabaya tapi jangan kuatir untuk non KTP Surabaya diperbolehkan untuk meminjam buku disini. Syarat fotokopi KTP 2 lembar, mengisi formulir dan deposit Rp.100.000. Deposit akan dikembalikan jika berhenti menjadi anggota perpustakaan, maksimal 2 buku yang dipinjam selama 7 hari wajib dikembalikan.

Pihak perpustakaan Balai Pemuda ini memang konsetrasi ke pembaca muda atau generasi Z yang terkenal dengan interaksi gadgetnya. Mereka ini generasi yang lahir diatas tahun 2000 hampir 90 persen mengakses 3-5 jam internet. Pihak perpustakaan Balai Pemuda berharap adanya desain dan konsep yang asyik ini menarik generasi Z untuk berkunjung dan membaca buku. Ayo ke perpustakaan Balai Pemuda buka sampai jam 9 malam tiap hari. (fey/tea)

JOIN THE DISCUSSION