Belusukan Demi Mengabadikan Foto Kereta Api

Portaltiga.com – Kereta api merupakan salah satu alat transportasi tertua di Indonesia. Sejak zaman kolonial kereta api sudah digunakan sebagai transportasi angkutan hingga kini.

Ada banyak tipe dan model kereta api yang digunakan, serta jalur-jalur rel dengan rute yang memiliki view menarik mendorong Reza untuk menjadi Railfans. Railfans adalah sebutan para photografer yang gemar berburu moment dan view seputaran kereta api.

Reza mengaku mulai memiliki ketertarikan seputar kereta sejak kecil.

“Saya mulai tertarik dari kecil. Dulu bapak saya suka mengajak saya naik kereta, dan di saat itu saya mulai suka ngamati kereta kalo di stasiun, apalagi jaman dulu ada kereta uap. Saya sering diajak pergi mampir ke stasiun, jembatan atau terowongan lama sama bapak,” ucap Reza, Sabtu (23/6/2018).

Reza mengaku banyak angle yang menarik saat memfoto kereta, apalagi saat diselaraskan dengan view dan tempat yang memiliki sejarah.

“Banyak sih mas pengalaman menarik yang saya temui, mulai kenalan terus sharing ilmu sama komunitas dan sama pegawai KAI, sampai bisa tahu jadwal kereta baru yg baru rilis, nyoba pertama kali,” tambahnya.

Banyak spot yang menjadi area hunting Reza seperti di Sidotopo, Gubeng. Ia lebih suka hunting di lintasan kereta, ada banyak spot rel dan moment menarik. Tak jarang saat mudik ke Ciamis, Jawa Barat Reza menyempatkan untuk hunting di jembatan Cirahong. Menurutnya jembatan ini unik karena bertingkat, di bagian atas utk kereta api, di bagian bawah utk lalu lintas kendaraan umum (mobil, motor).

Reza berharap suatu saat ia bisa menggelar pameran dari hasil hunting yang ia abadikan dalam foto. (doy/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION