portaltiga.com
Umum

Wanita Puber Lebih Awal Tingkatkan Potensi Penyakit Jantung Dan Stroke

Women's legs in a skirt on a white background

Portaltiga.com – Penyakit jantung dan stroke yang menyerang wanita, kini dapat dideteksi melalui masa pubertas yang lebih cepat yang dialami setiap wanita.

Sanne Peters dari George Institute for Global Health, University of Oxford, Inggris, melakukan penelitian kepada lebih dari 267.000 wanita. Ditemukan bahwa wanita yang puber saat berusia 12 tahun berisiko lebih tinggi 10 persen mengalami penyakit jantung dan stroke saat dewasa.

Peneliti mengatakan umumnya wanita mengalami pubertas yang ditandai dengan menstruasi pertama di usia 13 tahun. Meski begitu, peneliti mengatakan puber lebih awal bukan penyebab wanita mengalami penyakit jantung dan stroke.

“Penyebab utama penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung tetap obesitas dan kegemukan. Namun hubungan antara menstruasi pertama dengan risiko jantung dan stroke tetap ada yang menjadi faktor risiko,” tutur Peters, dikutip dari Reuters.

Jane Mendle dari Cornell University, New York, mengatakan penelitian sebelumnya sudah banyak yang membahas soal puber lebih awal dan dampaknya bagi kesehatan wanita. Selain obesitas dan kegemukan, puber lebih awal juga membuat wanita lebih rentan mengalami kehamilan tak direncanakan.

“Beragam faktor mulai dari status sosio-ekonimi hingga stres dan faktor lingkungan, membuat wanita lebih rentan mengalami masalah jantung,” tutupnya. (dtc/tea)