• Jumat, 12 Agu 2022 15:47 WIB

UINSA Gandeng BUMN Siapkan Indonesia Emas 2045

UINSA Gandeng BUMN Siapkan Indonesia Emas 2045

Portaltiga.com - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya turut berupaya mempersiapkan generasi  penerus bangsa melalui pendidikan menyongsong Indonesia emas 2045. Untuk memperkuat hal itu, keilmuan sistem ekonomi syariah dirasa perlu digalakkan khususnya di lingkungan kampus guna menunjang penguatan ekonomi umat.

Rektor UINSA Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D mengatakan, untuk menyongsong bonus demografi di tahun 2045 UINSA siap untuk berjalan beriringan dengan pemerintah khususnya dengan BUMN.

"Kami sangat siap untuk masuk dalam barisan yang sama dengan negara khususnya kementrian BUMN dalam rangka mensukseskan bonus demografi yang nanti puncaknya adalah Indonesia emas 2045," jelasnya dalam sambutan Seminar Nasional 'Membersamai Indonesia Emas 2045 Sebagai Kebangkitan Umat Dengan Transformasi SDM Berbasis Akhlak', Sabtu (11/12/2021).

Masdar juga mengatakan, selama ini UINSA telah dijadikan tempat untuk mengasah serta menggali keilmuan bagi para mahasiswa baik di bidang agama maupun diluar agama.

Untuk itu, Kampus yang berada di Frontage Ahmad Yani Surabaya ini juga terus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan fasilitas pengembangan keilmuan khususnya di bidang ekonomi syariah agar menjadi jurusan yang terbaik untuk mewadahi calon pemimpin masa depan sekaligus untuk membantu umat.

"Salah satu program studi di UIN Sunan Ampel Surabaya yang mendapat peminat terbanyak di PTKIN adalah program studi Ekonomi Syariah," katanya.

Lebih jauh, untuk memperkuat hal itu, UINSA juga melakukan penandatanganan MoU dengan Kementrian BUMN Menuju Indonesia Emas 2045 Melalui Produktivitas Dan Inovasi Dalam Bingkai Community Engagement dengan Menteri BUMN H. Erick Thohir, B.A., M.B.A.

"Kami punya potensi SDM yang nanti mungkin bisa di breakdown menjadi program-program yang  bisa kita kerjasamakan antara BUMN dan UINSA," pungkasnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, menyongsong generasi emas 2045 BUMN berupaya memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengenalkan kehidupan pasca kuliah.

"Kita punya program daripada mahasiswa magang, karena kenapa penting sekali kita mempersiapkan para mahasiswa mulai mengenal kehidupan di dunia usaha atau kehidupan profesional di kantor," ungkapnya.

Menurutnya di era distrubsi saat ini generasi muda perlu diingatkan perihal pekerjaan yang berpotensi hilang dan yang berpotensi untuk berkembang lebih jauh.

"Karena itu penting sekali para mahasiswa ini sudah melihat dan mengenal dirinya dan potensinya kedepan, nah itu yang kira-kira kita coba Dorong, apalagi BUMN sekarang  kan benar-benar memberikan kesempatan ke pembinaan generasi muda," ungkap Erick Thohir yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah itu. (tea/tea)