portaltiga.com
Ekbis

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Timur melalui Pameran

user comment

Surabaya, (Portaltiga.com) – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha berbasis kerakyatan karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan kini telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Keberadaan UMKM telah memberikan manfaat langsung terhadap sebagian besar masyarakat Indonesia melalui penyediaan lapangan pekerjaan.

Untuk memperkuat keberadaan UMKM diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Dalam hal ini, salah satu wujud nyata adalah adanya program kemitraan yang dijalin oleh Bank dengan UMKM dalam hal pemberian pelatihan, pembinaan, hingga penyaluran kredit dengan bunga/bagi hasil rendah. Adanya upaya-upaya tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan UMKM menjadi berkembang lebih baik dari segi kapasitas, mutu, maupun kemampuan keuangan.

Selain itu, di era persaingan bisnis yang serba ketat ini para pelaku UMKM juga wajib mempertahankan daya saingnya bukan sekedar hanya pemasaran dalam negeri saja, melainkan juga kesiapan berkompetisi dengan produk luar negeri atau impor dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

PAda tahun 2016, BMPD (Badan Musyawarah Perbankan Daerah) Jawa Timur berkolaborasi dengan Satgas KKMB dan didukung oleh Pemprov Jatim, Bank Indonesia, dan OJK menyelenggarakan event 2 tahunan yaitu Pameran “Bank & UMKM Expo 2016” yang akan diadakan di tanggal 11 – 14 Februari 2016 bertempat di Grand City Convex Surabaya. Di event tahun ini, Bank Jatim bertindak sebagai Ketua Penyelenggara Event dan Samudra Dyan Praga & Dyandra Promosindo sebagai Event Organizer.

Bank & UMKM Expo 2016 merupakan salah satu bentuk komitmen BMPD dan Satgas KKMB yang didukung oleh Pemprov Jatim, BI, dan OJK untuk menjadikan event ini sebagai wadah bagi perbankan dan UMKM. Bagi perbankan, event ini dipergunakan untuk memperkenalkan produk bank dan produk untuk UMKM, memperoleh calon-calon debitur dari UMKM maupun calon nasabah bank. Bagi UMKM, event ini dipergunakan untuk memperoleh konsumen baru yang potensial, membuka pasar baru, dan menjalin kerjasama strategis dengan UMKM lain.
Peserta pameran kali ini berjumlah lebih dari 100 stan yang terdiri dari:

1. Stand Bank Indonesia 2. Stand OJK
3. Stand perbankan yaitu Bank Jatim, BRI, BNI 46, BCA, Mandiri, BTN, Bank Permata, Maybank, CIMB Niaga, Bank Panin, Bumi Raya, Commonwealth, BTPN, Syariah Mandiri, Chinatrust, Danamon, OCBC NISP, UOB, dan Bukopin, BPR Jatim
4. Stand non Bank terdiri dari Dinas Koperasi, Disperindag Jatim
5. Stand UMKM antara lain UBS (Untung Bersama Sejahtera), IIS Batik, Batik Dewi, Batik Cirebon, Made in Pakistan, dan beberapa tenant lainnya.

Diharapkan dengan keberagaman sektor ini dapat menarik minat pengunjung dan mencapai transaksi sesuai yang diharapkan dan pengunjung dan potensial buyer lebih dari 25 ribu orang dalam 4 hari pameran.

HANYA ADA DI BANK & UMKM EXPO 2016
Berbagai acara menarik dan program promo bakal meramaikan Bank & UMKM Expo 2016 kali ini. Antara lain, seperti, :
· Drawing & Coloring Competition
· Promotion Plan Competition
· Live Cultural Music Performance
· Local Art Performance
· Live Fashion Show
· Workshop With Expert
· Be Womenpreneur
· Financial Simulation
· Festival Kain Nusantara
· Special perform Selebgram by D_Kadoor (Kamis, 11 Februari 2016)
· Special Music Performance by GIGI (Sabtu, 13 Februari 2016)

Di samping acara untuk umum, juga tersedia program acara khusus untuk para karyawan bank seperti :
· Putri perbankan
· Banker Got Talent
· Band of Bank Performance