portaltiga.com
Headline Politika

Thoriqul Haq Jabat Ketua IKA PMII Jatim

Portaltiga.com – Bupati Lumajang Thoriqul Haq, akhirnya terpilih secara akalamasi sebagai ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jatim dalam arena Muyawarah Wilayah (Muswil) II IKA PMII yang berlangsung di Bangkalan Madura, Senin (10/1/2022).

Terpilihnya Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang itu, selaku ketua IKA PMII secara akalamasi, dikarenakan tidak ada calon lagi yang akan maju sebagai ketua IKA PMII Jatim. Mathur Husyairi Ketua IKA PMII Bangkalan yang awal awal pelaksanaan Muswil akan maju, akhirnya menyatakan mengundurkan diri.

“Setelah mempeetimbangkan kondisi yang ada dimana hanya ada satu calon dan saudara Mathur juga menyatakan mengundurkan diri. Tinggal satu calon Thoriqul Haq. Maka penetapan ketua IKA PMII Jatim bisa dilaksanakan secara akalamasi. Setuju aklamasi Thoriqul Haq sebagai ketua IKa PMII Jatim?” ujar pimpinan sidang yang disambut kata setuju peserta Muswil.

Mathur Husyairi, Ketua IKA PMII Bangkalan yang juga masuk dalam tim formarur mengatakan. Banyak PR yang harus dilakukan oleh ketua terpilih setelah Muswil ini.

“Seperti yang disampaikan Gubernur selaku kader terbaik PMII Jatim, bagimana IKA PMII Jatim juga terlibat dalam merealisasikan keberadaan Islamic Science Park yang ada di Bangkalan yang menjadi program Gubernur,” ujarnya.

“Belum lagi amanah yang disampaikan KH Asep Syaifudin Chalim serta Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar yang mengamanatkan IKA PMII Jatim harus lebih berkontribusi secara nyata untuk Jatim,” lanjutnya.

Dengan kondisi semacam ini, maka konsep restropeksi gerakan bersama yang diucapkan ketua IKA PMIi Jatim, kata Mathur, maka bagaimana IKA PMII Jatim harus bisa menyatukan visi jatim lebih progresif, dengan menyatukan kekuatan IKA PMII di Jatim.

Apalagi lanjutnya IKA PMII juga memiliki banyak Bupati Wakil Bupati dan Walikota Wakil Walikota yang juga keluarga besar IKA PMII.

“Ini harus bisa dipadukan ditambah alumni lain yang juga memiliki peran sebagai kekuatan dalam membangun jatim lebih baik lagi di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah yanh meripakan kader terbaik PMII saat ini,” ungkapnya.

Selain itu pengembangan ekonomi kerakyatan lanjutnya juga harus di perhatikan pula. Termasuk bagimana IKA PMII bisa menjalankan amanat Ketua PWNU Jatim untuk bisa menjaga wawasan kebangsaan, menjaga Khitah NU dan menjaga ahlusunah wal jamaah. Sehingga islam yang toleran bisa terua terjaga dalam kebersamaan di Jatim.

“Dan yang tidak kalah penting ketua IKA PMII Jatim harus bisa mengakomodir semua kekuatan IKA PMII yang tersebar di beragai parpol. Sehingga meski ketua IKA PMII berafiliasi ke PKB, harus tetap dijaga netralitasnya ketika berada di IKA PMII. Sebab kader potensial IKA juga tersebar di mana mana tidak saru partai,” pungkasnya. (ars/abi)

Related posts

PMII Unesa Galang Dana Untuk Korban Banjir NTT

admin

Panitia Muswil IKA PMII Jatim Sowan Ketua DPRD Jatim, Bicarakan Ini

admin

PMII Jatim: Wadah Resmi Alumni Hanya IKA PMII, Lainnya Abal-abal

admin