Support Produk Lokal Jatim , Bukalapak Launching Research and Development Di Surabaya

Portaltiga.com – Research and development yang dibuat oleh Bukalapak.com (BL) di Surabaya, menjadi pintuk masuk untuk memperkuat UMKM yang ada di Jatim. Banyak inovasi yang bisa disinergikan antara Pemprov Jatim dengan BL dalam rangka meningkatkan dan memperkuat produk-produk dari UMKM.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang didampingi Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin saat Grand Launching Research and Development Bukalapak Surabaya di Lantai IX, Gedung Graha Pena, Surabaya, Selasa (19/3/2019).

Dijelaskan, dengan bersinergi dengan BL membawa manfaat yang banyak bagi UMKM Jatim. Setidaknya, para pelaku UMKM bisa meningkatkan kualitas produk, ekspansi pasar dan menambahliterasi digital. Tentunya, selain layanan pasar digital yang luas, dengan didukung literasi digital menjadi bertambah nilai positifnya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya dengan pembuatan dan pelatihan pembuatan video serta film bergambar dalam rangka meningkatkan minat para pembeli.

“Hal ini menjadi harapan baru bagi percepatan kesejahteraan masyarakat Jatim terutama para pelaku UMKM,” ungkapnya.

Sinergi Bukalapak.com dan lembaga lain setidaknya bisa memberikan wadah untuk promosi produk local yang berasal dari Jatim. Misalnnya porang yang tumbuh di hutan di wilayah Nganjuk. Bagi masyarakat Jepang digunakan sebagai bahan pengganti konsumsi tepung.

“Apabila potensi tersebut bisa digali, misal packagingnya dan pemasaran melalui bukalapak.com tentunya memberi nilai tambah baik bagi pelaku UMKM dan masyarakat,” ujarnya.

Khofifah meminta dengan adanya research and development Bukalapak.com di Surabaya, banyak inovasi-inovasi baru yang bisa dikerjasamakan. Sebagai contoh, para pelaku UMKM juga bisa diajarkab bagaimana cara pengolahan, packaging dan pemasaran yang baik, sehingga bisa meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pelaku UMKM.

”Para pelaku UMKM bisa belajar lebih lanjut, sehingga barang hasil produksi bisa dipasarkan di Bukalapak.com tentunya dengan kualitas yang bagus. Secara tidak langsung, melebarkan pangsa pasar juga,” lanjutnya.(fey/fey)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION