portaltiga.com
Headline Kabar Kita

Menikmati Sedapnya Gulai Mariam Khas Ampel Surabaya

Portaltiga.com – Bulan Ramadhan seperti ini daerah Ampel Surabaya selalu menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi. Hampir sebagian besar pengunjung melakukan ibadah dan berziarah ke makam Sunan Ampel, salah satu wali yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Selain untuk beribadah dan berziarah, biasanya para pengunjung juga menyempatkan diri untuk berbelanja aksesoris, pakaian gamis dan bahkan menyicipi kuliner khas timur tengah.

Untuk Kuliner, di kawasan ini terdapat satu tempat yang menjual Gulai Maryam yang lokasinya terletak dipinggir Masjid Al-Irsyad Surabaya, seberang Hotel Quds. Gulai khas timur tengah yang ini memiliki bumbu dari rempah-rempah serta kuah dengan campuran kacang hijau yang sangat kental seperti masakan khas di tempat asalnya.

Yang sedikit berbeda dan menarik adalah sajian daging kambing yang ditusuk seperti sate. Dagingnya sendiri adalah daging kambing yang diolah dengan baik sehingga aroma kambingnya tidak terasa dan teksturnya sangat empuk.

Menurut emak panggilan untuk sang penjual, resep dan bumbu yang ada merupakan warisan dari nenek buyutnya. awalnya Gulai Maryam ini dibuka oleh pedagang yang berasal dari timur tengah dimana saat itu nenek buyutnya bekerja sebagai pelayan.

“Jadi dulu nenek buyut saya bekerja sebagai pelayan yang menyajikan Gulai Maryam di tempat juragannya yang merupakan orang timur tengah. tapi karena suatu sebab tuannya harus kembali ke tempat asalnya, dan mewariskan resepnya kepada nenek buyut saya,” terang emak, Jumat (25/05/18).

Tiap malam tempat makan ini sering dikunjungi oleh warga keturunan arab yang berdomisili ampel dan pengunjung dari berbagai daerah. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 10 malam hingga subuh. (doy/tea)

Related posts

Sajian Resto Jamoo, Kuliner Antibosan

admin

Usaha Mandiri Pujakesuma Jambi Buka Gerai Bakso Keluarga

admin

Usai Nyoblos, Nikmati Kuliner Gratis di Kedai Ketan Punel

admin