portaltiga.com
Kabar Kita

Mahasiswa KKN Tematik Unitomo Beri Kenangan Edukasi Desa Wisata Berbasis Mitigasi Bencana

Portaltiga.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Tematik Bencana Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 dikunjungi Wakil Rektor III, Sucipto bersama Wakil Rektor II, Suyanto dan Wakil Rektor I, Amirul Mustofa. Para Wakil Rektor meninjau desa-desa di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo yang menjadi sasaran penerapan program kerja KKN.

Dalam kesempatannya, Vieta Cornelis, Ketua Pelaksana KKN-PPM tematik bencana mengatakan kegiatan saat ini dirancang menggali potensi wisata di masing-masing desa serta memberikan edukasi mitigasi bencana.

“Desa Wisata Berbasis Mitigasi Bencana memang sejak awal kami tekankan pada mahasiswa saat menyusun program, dan memang saat ini potensi wisata telah dipetakan dan masyarakat diberikan edukasi mitigasi bencana sesuai potensi bencana di masing-masing desa”, ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Amirul Mustofa mengatakan program tematik bencana yang bersinergi dengan Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) dan Pusat Studi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pusparekraf) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo memberi manfaat positif ke masyarakat desa.

“Ada beberapa desa yang sudah kami kunjungi, dan program mahasiswa yang inovativ bisa diimplementasikan dengan baik ke masyarakat. Ini artinya, KKN kali ini memberikan kenang-kenangan ke masyarakat berupa edukasi seputar pariwisata dan ekonomi kreatif serta kebencanaan, ini tentu akan membuat masyarakat menjadi tangguh bencana dan roda ekonomi bisa bergullir sebagaimana mestika meski masih di tengah pandemi”, ujarnya.

Ditemui di sela kegiatan kunjungan, Kepala Desa Banjar Kemuning, M. Zainul Abidinmengatakan hadirnya mahasiswa KKN memberi nuansa akademis bagi warga dalam memahami bagaimana menggali potensi wisata serta mitigasi bencana, khususnya banjir yang sering terjadi di desa akibat luapan dari beberapa sungai di sekitar desa.

“Kami mengapresiasi mahasiswa KKN Unitomo, mereka begitu kompak dan tepat waktu dalam berkoordinasi dengan kami. Kami mengharapkan, peta potensi bencana serta jalur evakuasi yang telah dibuat sebagai salah satu program kerja mahasiswa KKN Unitomo bisa menjadi acuan bagi warga sekitar agar bergotong royong dan tangguh menghadapi bencana”, terangnya. (purnama/abi)

Related posts

Rektor Unitomo Beri Kuliah Umum Peserta KKN-PPM di Jatim dan Luar Negeri

admin

Melihat Serunya PPKMB Unitomo

admin

Peduli Korban Dampak Kerusuhan, Unitomo Kirimkan Sembako ke Papua

admin