portaltiga.com
Headline Umum

Laskar Sholawat Nusantara Gelar Tadarus Tani

Portaltiga.com – Laskar Sholawat Nusantara (LSN) menggelar Tadarus Tani bertajuk ‘Meneguhkan Pesantren Sebagai Basis Agraris Nusantara’ di Pondok Pesantren Segoro Agung Mojokerto asuhan KH Agung Bimo Agus Sunarno, Rabu (31/3/2021).

Menariknya, giat Tadarus Tani ini dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi. Disamping itu, para Gawagis se-Jatim dari 100 pesantren yang berasal dari semua kabupaten/kota di Jatim dan perwakilan kelompok tani beserta pengurus LSN se-Jatim larut dalam acara kali ini.

Dewan Pembina Laskar Sholawat, Muhammad Fawait menyampaikan Tadarus Tani ini dilakukan untuk mencari jalan keluar karena selama ini Jawa Timur sebagai salah satu penyumbang komiditas pertanian terbesar.

Namun, lanjut Gus Fawait, sapaan akrabnya, petani di Jawa Timur masih terjebak dalam kemiskinan. “Hal ini terlihat angka kemiskinan di Jawa Timur masih relatif tinggi. khususnya di pedesaan yg notabene mayoritas petani,” katanya.

Selain itu, Gus Fawait yang juga Anggota DPRD Jatim ini menyebutkan, Jawa Timur sebagai provinsi yang jumlah pesantren terbesar sejatinya sudah harus melibatkan pesantren untuk pembinaan petani atau calon petani yang keberadaannya banyak dipedesaan.

“Harapannya pemerintah jangan hanya mengejar penghargaan saja tapi juga kesejahteraan petani menjadi prioritas,” terang Politisi Partai Gerindra ini.

Para petani pun banyak yang mengeluhkan terkait kelangkaan pupuk dan akses kredit yang masih diakses oleh para petani.

Selaras dengan itu, Wakil Menteri Pertarnian Harvick Husnul Qolbi menyampaikan dan harapan pesantren ikut serta dalam pengembangan sektor pertanian. “Sehingga tingkat kemiskinan yang tinggi bisa dikurangi kedepannya,” kata harvick.

Bahkan, Harvick menyampaikan kantornya terbuka bagi semua pihak untuk berdiskusi demi kemajuan pertanian, khususnya di Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, para Gus-gus yang hadir juga mengutarakan terimakasihnya kepada Presiden RI Joko Widodo karena sudah menunjuk salah satu kader NU terbaik dipercaya menjadi wakil menteri. “Semoga kedepannya bisa jadi menteri,” ujar para Gus-gus yang hadir.

Tadarus Tani ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Mojokerto, Wakil Wali Kota Kediri, Wakil Ketua DPRD Jatim dan Anggota DPRD Jatim. (gbs/abi)

Related posts

Adventure Trail Laskar Sholawat Bantu Korban Banjir Bandang Bondowoso

admin

Selama Ramadan, Laskar Sholawat Berbagi Ratusan Ribu Takjil

admin

Berdayakan Emak-Emak, Gus Fawaid Deklarasikan Laskar Sholawat

admin