portaltiga.com
Umum

Kurang 2 Persen, Pembangunan Tol Sumo Selesai November

Portaltiga.com – Pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sudah hampir selesai. Diperkirakan pada November 2017 pengerjaan kelar. Saat ini hanya menyisakan gerbang tol di Driyorejo yang masih dalam tahap pengerjaan.

Kepala Dinas PU Bina Marga Pemprov Jatim Gatot Sulistyo Hadi mengatakan, saat ini pembangunannya sudah mencapai 98 persen.

“Hanya kurang dua persen. Tinggal pemasangan empat tol gate di Driyorejo belum selesai dibangun. Secara keseluruhan main road sudah jadi,” ujar Gatot, Jumat (27/10/2017).

Dia melanjutkan, dari mulai Waru hingga Legundi seluruh jalan tol sudah bisa dioperasionalkan. Mulai dari pembatas jalan, penerangan sudah siap semua dan goard drill sudah siap seluruhnya.

Gatot pun menyampaikan jalan tol yang bisa diprediksi bisa menekan angka kemacetan ini sudah bisa dilewati. “Tinggal menunggu selesai pintu tol dan kapan Pak Presiden bisa meresmikannya,” jelasnya.

Ditargetkan, secara keseluruhan sudah selesai 100 persen November mendatang. Sehingga pada akhir tahun nanti sudah bisa dilintasi dari pintu masuk Waru, Sidoarjo hingga keluar di Legundi, Mojokerto. Dengan begitu, otomatis tol sudah bisa tersambung dengan tol Mojokerto-Jombang.

Sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September silam. Mulai seksi 3 sepanjang 5 km terbentang mulai Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto telah dioperasikan sejak Desember 2016.

Ruas tol Mojokerto-Jombang seksi 2 terbentang sepanjang 19,9 kilometer yang menghubungkan Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto hingga Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Sementara seksi 4 membentang antara Desa Gondangmanis hingga Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Ruas terakhir sepanjang 0,9 km ini akan menghubungkan tol Mojokerto-Jombang dengan Tol Solo-Kertosono (Soker).

“Tinggal menunggu Kementerian PUPR, kapan secara pastinya tol Sumo bisa segera diresmikan. Karena mereka yang menyurati ke Pak Presiden,” pungkas dia. (abi)

Related posts

Tarif Tol Sumo Terlalu Mahal, Komisi D Anggap Pemerintah Bebani Masyarakat

admin

Jokowi Resmikan Jalan Tol Sumo 36 Km

admin