portaltiga.com
Kabar Kita

KKN Mahasiswa Untag Berdayakan UMKM Mulyorejo

Portaltiga.com – Rafiif Satriatama, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) yang mengambil jurusan Manajemen ini tengah melaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di tengah pandemi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, KKN kali ini harus dilaksanakan secara individu, Jumat, (25/6/2021) bertempat di Mulyorejo Tengah, Surabaya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada saat pandemi ini membuat Rafiif, sapa akrabnya berkeinginan untuk membantu masyarakat sekitar mengaungkan produk UMKM yang dapat bermanfaat bagi sekitarnya.

“Saya di sini ingin memberdayakan UMKM yang ada di wilayah Mulyorejo, terutama produk yang kandungannya sangat dibutuhkan untuk masyarakat di tengah pandemi ini, seperti minuman herbal kesehatan” ujarnya seusai kegiatan penyuluhan.

Produk yang dapat dihasilkan pun diberi nama “Wedhang Pokak Budhe” racikan asli dari tangan wanita berusia 63 tahun bernama Sri Hartini. Ia mengungkapkan telah mengeluarkan modal sebesar 450 ribu rupiah untuk membeli berbagai bahan dasar dan alat-alat yang diperlukan.

“Saya menggunakan botol ukuran 250 ml. Bahan-bahan yang diperlukan ada jahe, daun sereh, pandan, gula pasir, kayu manis dan bahan alami lainnya” terangnya.

Dengan modal Rp450 ribu dapat menghasilkan 100 botol dan memperoleh keuntungan yang cukup. Per botol “Wedhang Pokak Budhe” ini dijual dengan harga relatif terjangkau yaitu Rp7.500.

Manfaat dari produk “Wedhang Pokak Budhe” ini diantaranya menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan imun di tengah pandemi dan memberikan kehangatan bagi tubuh.

Rafiif Satriatama, mahasiswa angkatan 2018 ini mengatakan, perannya dalam KKN ini bukan sekadar tugas kuliah. Tetapi juga ingin membantu masyarakat yang memiliki usaha UMKM di sekitar dapat tetap berproduksi serta berkembang di tengah pandemi agar terciptanya sektor lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya. (mitha/abi)

Related posts

Mahasiswa Untag Bantu Pulihkan Ekonomi Masyarakat Akibat Pandemi

admin