portaltiga.com
Headline Umum

Jatim Raih Opini WTP, Sahat Puji Kinerja Gubernur Khofifah

Portaltiga.com – Anggota BPK RI Bahrullah Akbar mengatakan pihaknya memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemprov Jatim. Pemberian opini WTP tersebut merupakan kesepuluh kalinya bagi Jatim.

Anggota V BPK RI Prof. Dr. Bahrullah Akbar mengatakan pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang penyajian kewajaran laporan keuangan. Opini tersebut didasarkan pada kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi, kecukupan terhadap pengungkapan, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, serta efektivitas sistem pengendalian internal.

“Sementara itu terkait adanya beberapa beberapa temuan yang masih ada diantaranya terkait belanja hibah, diharapkan untuk segera ditindaklanjuti. Untuk itu kami memberikan rekomendasi kepada Gubernur untuk memerintahkan Kepala SKPD terkait untuk segera menindaklanjuti,” jelasnya di Surabaya, Kamis (27/5/2021).

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak mengatakan pihaknya memberikan apreasi atas kinerja dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. “ Ini merupakan hasil kerja keras dari gubernur Khofifah atas opini WTP dari BPK RI tersebut,”jelas politisi asal Partai Golkar ini.

Pria yang juga Sekretaris Golkar Jatim ini mengatakan opini WTP yang diterima dapat menjadi penyemangat seluruh jajaran Pemprov Jatim untuk bekerja dan melayani masyarakat lebih baik lagi ke depan. Dengan begitu, diharapkan kepercayaan masyarakat terus meningkat dan menjadi modal dasar dalam mendukung pelaksanaan program-program pemerintah selanjutnya.

“Kami berharap bisa menjadi penyemangat dari gubernur Jatim Khofifah beserta jajarannya untuk lebih baik lagi, terlebih disaat pandemi Covid-19 ini,” jelasnya.

Soal catatan dari BPK RI atas temuan dalam opini WTP tersebut, Sahat Tua Simanjuntak mengatakan DPRD Jatim akan terus mensupport supaya apa yang menjadi catatan BPK RI dalam tahun mendatang tidak terulang kembali.

“Semua harus intropeksi dimana tidak semuanya tidak memiliki kemampuan secara administrasi untuk menyelesaikan banyak hal. Kerjasama yang baik antar lembaga perlu sekali dan perlu diingat bahwa Raihan opini WTP tersebut merupakan hasil kinerja bersama antara eksekutif dan legislatif,” jelasnya. (wan/abi)

Related posts

Datangi DPRD Jatim, Khofifah Minta Dukungan Sinkronisasi Nawa Bhakti Satya

admin

Emil Dardak Ajarkan Membangun Rasa Empati Untuk Kebangsaan

admin

Mantan Ketua Komisi E Apresiasi Gelar Doktor HC Pakde Karwo

admin