portaltiga.com
Politika

Hasil Survei SSC: Debat Publik Belum Mampu Ubah Pilihan, Khofifah-Emil Tampil Lebih Baik

Portaltiga.com – Hasil Survei Surabaya Survey Center (SSC) periode April 2018 menunjukkan bahwa publik yang menonton acara debat cagub cawagub putaran satu cukup banyak sebanyak 60,6%.

Mereka menonton lewat TV sebanyak 33,8%, lewat youtube sebanyak 11,8% dan melalui portal media online sebanyak 2,5. Selain itu juga melihat dari share medos yakni WA, FB, serta IG sebanyak 12,5%. Masyarakat yang tidak menonton sebanyak 39,4%.

Penilaian publik atas penampilan kandidat perorangan GI meraih 19,2%, disusul KIP 18,1%, Emil Dardak 13,2%, Puti sebanyak 10,1% adapun yang tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 39,4%.

Adapun penilaian secara berpasangan, KIP-Emil unggul sebanyak 31,4% dan GI-Puti 29,2% dan yang menjawab tidak tahu dan tidak menajwab sebanyak 39,4%.

“Debat pilgub memang dinantikan, tetapi belum mampu mengubah pilihan secara signifikan. Hal ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa penampilan para kandidat relatif seimbang dan tidak terpaut jauh baik dari sisi kompetensi maupun penampilan, para kandidat harus berjuang lebih keras agar bisa menunjukan performa yang lebih baik agar gab itu semakin lebar agar bisa meraih dukungan signifikan,” ujar Edy Marzuki, peneliti SSC, saat rilis hasil survei di Hotel Yello Surabaya, Jumat (27/4/2018).

Survei dengan metode multistage random sampling ini dilakukan pada tgl 11-19 April 2018 di 38 kabupaten/kota di Jatim. survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan margin of error 2.81%, level of confidence 95% dan jumlah sampel 1220 responden. Sebagai bentuk kendali mutu, survei ini di lengkapi dengan metode spot check hingga 20% dari total responden. (abi)

Related posts

KH Abdullah Siradj Sidogiri Pasuruan Dukung Khofifah karena Bisa Dipercaya

admin

Jika Tak Didukung, Gus Ipul Tetap Sowan ke Kiai PPP

admin

Dukung Khofifah-Emil, Nelayan Gresik-Lamongan Siap Kibarkan Bendera Bintang Mercy

admin