Balai Bahasa Jawa Timur Berikan Penghargaan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang

Portaltiga.com – Balai Bahasa Jawa Timur (Jatim) memberikan penghargaan penggunaan bahasa media luar ruang di Jatim Expo, Wonocolo, Surabaya, Senin (19/11/2018). Acara ini digelar sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik yang ada di wilayah provinsi Jatim.

Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Drs. Mustakim M.Hum menyebutkan tujuan diberikannya acara ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada berbagai pihak, baik swasta maupun lembaga pemerintah yang sudah mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia dalam ruang publik.

“Tujuannya adalah memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah bersungguh-sungguh untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia,” ujarnya saat ditemui Portaltiga.com di Jatim Expo, Senin (19/11/2018).

Peraih penghargaan dibedakan menjadi dua kategori, yakni kategori lembaga pemerintah dan lembaga swasta yang mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia setelah melalui pemantauan di lapangan.

Para peraih penghargaaan juga melalui seleksi ketat dari dewan juri melalui beberapa instrumen penilaian dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Pertama adalah faktor kebahasaan, kaidah kebahasaan, dan tipografi kebahasaan.

Dewan juri penghargaan Prof. Dr. Suyatno menyebutkan, dalam pemberian penghargaan ini dirinya dan tim hanya menyisakan lima nominasi terbaik dari lembaga pemerintah maupun swasta dari ratusan lembaga yang telah terseleksi.

“Dari sekian ratus yang kita lihat ada lima yang masuk dari lembaga pemerintah dan lembaga swasta,” jelasnya.

Pemenang dari lembaga pemerintah diraih oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun dan pemenang dari lembaga swasta diraih oleh Stasiun Gubeng surabaya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION