Pentas Keliling Teater Gapus di Sidoarjo Sukses Memukau Ratusan Penonton

Pementaan Teater Gapus di Gedung Dewan Kesenian Sidoarjo.

Portaltiga.com - Teater Gardu Puisi Surabaya (Gapus) sukses menggelar pentas keliling. Mengusung lakon berjudul "C4" Teater Gapus sukses memukau ratusan penonton yang ada di gedung Dewan Kesenian Sidoarjo.

Pentas ini merupakan rangkaian pentas keliling dalam menyambut pagelaran Festival Seni, Sastra, dan Pertunjukan Avant-Garde (FESSPA) 2022. Ajang ini sekaligus sebagai perayaan hari jadi Teater Gapus Surabaya.

Di Sidoarjo, Teater Gapus mempersembahkan lakon dengan judul “C4” karya Adnan Guntur, yang sekaligus sutradara dalam pementasan tersebut. Sedangkan aktor yang memainkan peran yaitu Jagad Marsela dan Regina Jawa.

Adnan menguungkapkan bahwa naskah “C4” merujuk pada absurditas dari persoalan seputar eksistensi.

“Tentang pengembalian kekuasaan dalam kebijaksanaan sebagai makhluk yang datang dari suatu yang tak berbentuk hingga ke berbentuk,” jelasnya.penonton pementasan C4 membludak.

Baca Juga : Semangat Berproses, Teater Gapus Eksis di Gresik

“Kemampuan penalaran dalam tiap makhluk menjadikannya menerus mencari penampilan-pelampiasan dalam proses-proses yang terus-menerus dan tak pernah selesai (continue)”, tambahnya pendiri Arek Institute tersebut.

Lebih lanjut, sang aktor Marsela menambahkan bahwa “C4” merupakan wujud dari bagaimana sinkronisasi pemikiran dan gerak. Kemudian, konsep “C4” yang ditampilkan Teater Gapus di Sidoarjo yaitu menggambarkan proses menuju ledakan.

Baca Juga : Pentas C4 Fragmen Ketiga Teater Gapus Sukses Dihelat di Surabaya

“Pemikiran dan gerak menjadi titik pusat yang padu dan stabil, membuat gerak stagnasi menjadi geseran arah dalam menentukan pola-pola. “C4”. Dobrakan. Penantian. Kembali”, jelasnya.

Pentas di gedung Dewan Kesenian Sidoarjo yang berlangsung Selasa (29/11/2022) tersebut juga diramaikan dengan sarasehan bersama dan pembacaan puisi oleh Jefry Dio Firmansyah (Komite Teater Dakesda), Okadenta (Teater Gapus Surabaya), dan Iftidaamri (Aliansi Forum Teater Sidoarjo).

Agenda berikutnya, Teater Gapus akan kembali pentas di Kota Surabaya pada awal bulan Desember. (tea/tea)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait
Berita Terpopuler
Berita Terbaru