Banjir Rendam Beberapa Wilayah di Jatim, Ini Kata Legislatif

Portaltiga.com - Pemerintah Provinsi Jatim dan pemerintah kabupaten yang wilayahnya dilanda bencana diminta untuk segera melakukan pemetaan kerugian warga korban banjir.

Beberapa wilayah yang diterjang banjir antara lain, Kabupaten Malang, Tulungagung, Blitar dan Kediri.

"Pemetaan ini sangat diperlukan sehingga nantinya jelas apa yang harus dilakukan oleh pemerintah terhadap bencana banjir yang terjadi ini," ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Erma Susanti yang berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Blitar Tulungangung.

Menurut Erma, BPBD selain melakukan evakuasi kepada masyarakat yang terkena bencama ini, pihaknya juga meminta untuk juga menyiapkan peralatan yang diperlukan guna melakukan pembersihan sisa banjir yang terjadi pasca banjir surut nanti.

"Ini juga harus disiapkan. Endapan lumpur yang ada yang menggenangi jalan, serta pembersihan rumah warga yang terdanpak banjir juga harus di pikirkan. Sehinga bisa memberikan ketenangan pada warga pasca banjir," pintanya.

"Selain itu pascabanjir juga perlu dipikiran bantuan bagi warga yang rumahnya rusak imbas banjir dan mengganti ternak ternak warga yang hilang dan mati akibat banjir ini," lanjutnya.

Baca Juga : Syaifuddin Zuhri Disebut Layak Pimpin PDIP Surabaya

Erma juga mengatakan dalam kondisi ini dirinya bersama kader dan relawan PDI Perjuangan juga turun memberikan bantuaan untuk warga yang tedampak.

"Kita ikut turun membantu evakuasi dan membangun dapur umum untuk membuat permakanan guna meringanka beban warga yang terdampak banjir," tegasnya.

Baca Juga : DPRD Surabaya Minta Pemkot Normalisasi 245 Titik Sungai Untuk Cegah Banjir

Seperti diketahui, selain kawasan Kabupaten Malang, Kawasan Blitar yakni Kecamatan Sutojayen Binangun, Pengungrejo, Wates dan Wonotirto terendam banjir serta kawasan jurang kendil bacem alami longsor.

Data yang ada di BPBD Blitar, banjir yang disebabkan hujan deras yang terjadi sejak minggu kemarin, mengakibatkan sebanyak 56 warga mengungsi di kelurahan Sutojayen.

Dalam bencana ini, banyak rumah yang terendam banjir dan juga persawaan. Bahkan beberapa kandang ternak juga alami kerusakan termasul hilangnya beberapa hewan sapi warga karena terseret banjir. (ars/abi)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait
Berita Terpopuler
Berita Terbaru