Yonif Mekanis 516/CY Kembali ke Pangkalan, Usai Jaga Perbatasan di Papua

Portaltiga.com, SURABAYA – Setelah selesai mengemban misinya selama mengamankan wilayah perbatasan antara NKRI dan Papua New Guinea (PNG), kini, Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha yang diberangkatkan pada awal bulan April, tahun lalu itu, telah kembali ke dalam home base (pangkalan induk).

 

Hal itu, ditandai dengan adanya penyambutan kedatangan pasukan Yonif Mekanis 516/CY yang dilakukan oleh Dangartap III/Surabaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M. D. A beserta beberapa pimpinan dari masing-masing satuan di jajaran TNI dan pejabat Polda Jatim di lapangan upacara Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya. Rabu, (31/5/2017).

 

Mayjen Kustanto mengatakan, beberapa prestasi berhasil diraih oleh satgas pamtas Yonif Mekanis 516/CY selama menjalankan tugasnya di wilayah perbatasan antar kedua negara tersebut.

 

“Patut kita syukuri bahwa tugas yang berat tersebut telah mampu dilaksanakan dengan baik, berhasil dan selamat,” kata Dangartap dalam amanat yang dibacakannya, Rabu (31/5/2017).

 

Dirinya menambahkan, sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 2004, pengamanan perbatasan, merupakan salah satu tugas yang diamantkan oleh negara kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI).

 

“Dalam kaitan itu, kalian (prajurit) telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan dalam menjaga keutuhan NKRI,” jelasnya.

 

Selama menjalankan tugasnya, berbagai macam pengamanan di wilayah perbatasan, berhasil diselesaikan dengan baik oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY, khususnya dalam upaya pendekatan diri kepada masyarakat, penyelesaian permasalahan pelanggaran patok perbatasan NKRI-PNG, hingga pemberantasan peredaran gelap Narkoba yang sering mengincar wilayah tersebut.

 

Sehubungan dengan hal itu, Mayjen Kustanto menghimbau seluruh personelnya untuk tetap meningkatkan kerjasama maupun sinergitas dengan sebaik mungkin.

 

Bahkan, kata Mayjen Kustanto, dirinya menegaskan seluruh personelnya untuk tetap menjaga nama baik TNI selama menjalani kehidupan bermasyarakat.

 

“Saya himbau kepada seluruh personel untuk tetap menjalin kerjasama dengan sebaik-baiknya. Dan, tetap jaga nama baik TNI di mata rakyat,” pinta Dangartap III/Surabaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko dihadapan ratusan anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY.

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION