Wujud Syukur Pada Tuhan, Desa Punduttrate Gelar Sedekah Bumi

Portaltiga.com – Pendopo Balai Desa Punduttrate Kecamatan Benjeng, Rabu (4/9/2019), sangat berbeda dengan hari-hari sebelumnya.

Sejak Pukul 09.00 WIB, nampak masyarakat Punduttrate berduyun-duyun dengan membawa tumpeng, buah-buahan dan lauk pauk. Mereka memenuhi Pendopo Balai Desa Punduttratre, dengan khidmat mengikuti rangkaian acara Sedekah Bumi.

Menurut Afandi, selaku ketua panitia, kegiatan Sedekah Bumi adalah kegitan tahunan, merupakan wujud syukur masyarakat dan mendoakan sesepuh dan pinisepuh desa yang ikut membangun cikal-bakal desa dan kemajuan Desa Punduttrate.

“Kegiatan ini merupakan wujud syukur kepada Allah SWT, semoga masyarakat bertambah guyub kegiatan ini,” terang Pj Kepala Desa Punduttrate Heri Suwarsono.

Ia berharap masyarakat Punduttrate tetap guyub dan kompak dalam kegiatan apapun, khususnya Sedekah Bumi inI.

Setelah rangkaian doa bersama, di malam harinya ada pertunjukan wayang kulit dengan menampilkan dalang Ki Puguh Prasetya.

“Mari tetap guyub, rukun demi kemajuan desa, dan semoga kedepan desa lebih maju dan berkembang,” terang Heri.

Kegiatan ini diakhiri dengan pagelaran wayang kulit, Dimulai pukul 20.30 WIB, diawali Tari Remo, campur sari dan kemudian dilanjutkan pertunjukan wayang sampai dini hari, nampak antuasias warga dalam menikmati pertunjukan warisan budaya Indonesia ini.

“Kegiatan pagelaran wayang ini sekaligus acara puncak dalam HUT RI ke-74,” terang Firman pegiat karang taruna. (hdi/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »