portaltiga.com
Headline Politika

Wow, Para Pedagang Ini Berhasa Inggris Ngobrol dengan Emil Dardak

Portaltiga.com – Di sela-sela kunjungannya di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Cawagub Jawa Timur nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak, menyempatkan untuk menyapa pedagang yang berjualan di sekitar lokasi tersebut. Emil terkesan ketika mengetahui pedagang di sana menjajakan jualan mereka dengan bahasa Inggris.

Pedagang pertama yang disapa oleh Emil adalah pedagang es cincau bernama Solihin. Kepada Emil, Solihin mengaku bisa berbicara bahasa Inggris karena pembeli, yang merupakan siswa setempat, diharuskan menggunakan Bahasa Inggris saat melakukan aktivitas jual-beli.

“Belajar dari pembeli Mas. Karena kan ketika beli diharuskan pakai Bahasa Inggris,” ujar Solihin pada Emil dalam bahasa Inggris, Kamis (5/4/2018).

Tak hanya itu, Solihin menyebut dirinya hanya melayani para siswa bila mereka menggunakan bahasa Inggris. Solihin juga mengaku banyak manfaat yang dirinya dapatkan karena bisa berbahasa Inggris.

“Salah satunya bisa mengajarkan anak saya bahasa Inggris Mas. Paling tidak, anak saya ngerti sedikit-sedikit dan nggak perlu les lagi,” canda Solihin.

Emil yang terkesan dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki Solihin memberikan motivasi agar anak muda mau belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris adalah bahasa yang universal dan bisa digunakan untuk mempromosikan Indonesia.

“Bayangin pedagang cincau saja menggunakan bahasa Inggris di sini. Kita percaya bahasa Inggris adalah bahasa universal. Tapi, bukan berarti kita tidak cinta bahasa Indonesia. Kita harus mengerti juga bahasa Inggris untuk kehidupan,” ucap suami Arumi Bachsin itu.

Usai berbicang dengan Solihin, Emil menyambangi salah satu kedai penjual sate bernama Kedai Sate Jeng Ayu yang juga berada di sekitar Kampung Inggris. Berbeda dengan Solihin, ketika berbincang dengan pemilik kedai bernama Dimas, Emil lebih banyak membicarakan tentang peluang kerja dan entrepreneurship.

“Mereka tertarik berjualan di sini karena potensi anak-anak yang belajar bahasa Inggris disini. Ini harus kita kembangkan sentra pendidikan dan entrepreneurship untuk membuka lapangan kerja baru. Ini yang harus kita kembangkan,” tutup Emil. (tim/abi)

Related posts

Mendagri Ingatkan Tahun Politik

admin

Polltrend: Elektabilitas Gus Ipul Masih Tertinggi

admin

Diantar Wabup Trenggalek, Puti Guntur Sowan Kiai

admin