portaltiga.com
Umum

Warga Keluhkan Kinerja BPD Gamping

Portaltiga.com – Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gamping, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo menuai kritik warga. Pasalnya, selain dianggap mlempem, BPD juga dinilai tak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

AK (28), warga Desa Gamping kepada media mengatakan, sebagai lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa, seharusnya BPD mampu menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi warganya.

“Tapi ini malah gak jalan, banyak aspirasi masyarakat yang mandek dan terabaikan,” ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Tak hanya itu, ia juga menyebut, sesuai aturan, BPD memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian ini dilakukan melalui penggalian aspirasi masyarakat, menampung serta mengelolanya sebagai sebuah energi positif untuk merumuskan kebijakan desa.

“Fakta yang terjadi, jangankan menggali aspirasi, yang sudah tersampaikan pun kadang tidak ada tindak lanjutnya,” sesalnya.

Untuk itu, ia berharap BPD Gamping bisa memperbaiki kinerjanya sesuai tugas pokok dan fungsinya. Sehingga marwah BPD sebagai wakil dari masyarakat desa yang duduk di pemerintahan desa bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Begitu pentingnya tugas dan peran BPD di desa sekarang ini, sehingga tidak berlebihan jika kami warga desa sangat berharap BPD mampu membuat aspirasi kami tersalurkan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait masalah ini, Wakil Ketua BPD Gamping, Taufiq, mengaku berterima kasih atas saran dan kritik yang diberikan warga. Menurutnya, ini menandakan warga Gamping kritis dan proaktif dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik dan benar.

“Saya mewakili BPD Gamping akan terus membenahi Kinerja kami. Dan semoga ini bisa menjadi pelecut kinerja rekan-rekan BPD agar bisa menjalankan tupoksinya dengan baik,” pungkasnya. (ars/abi)