portaltiga.com
Headline Umum

Warga Bandung Tinggal di Gorong-gorong?

Portaltiga.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung, Jawa Barat, dikejutkan dengan temuan dugaan tempat tinggal di gorong-gorong. Temuan tersebut terjadi saat tim Dinas PU membersihkan gorong-gorong di Jalan Junjunan pada Selasa (24/8).

Terungkapnya tempat tinggal di gorong-gorong tersebut beredar di media sosial.

Kepala Dinas PU Kota Bandung Didi Riswandi melalui akun Instagram pribadinya @didi_riswandi mengunggah sebuah video singkat terkait sejumlah barang yang biasa digunakan untuk beristirahat di dalam gorong-gorong.

“Ini drainase Jalan Junjunan dipakai buat rebahan. Drainase jalannya ya,” ucap Didi memberikan keterangan dalam video tersebut.

Diduga keberadaan tempat tinggal di gorong-gorong tersebut menjadi penyebab lamanya air surut apabila terjadi genangan banjir di wilayah tersebut. Agar tak lagi menyumbat, pihak Dinas PU pun membersihkan gorong-gorong tersebut.

baca juga : wisata bebek sinjay suramadu plus turing

“Di sana kelihatannya ada yang sengaja menyumbat supaya ini bisa jadi tempat,” ujar Didi.

Dalam unggahan tersebut, terlihat ada beberapa pakaian yang tergantung di drainase jalan. Selain itu, tampak ada tumpukan kasur yang dibuat agar bisa dijadikan tempat peristirahatan.

Sementara itu, Pemkot Bandung bereaksi terkait adanya temuan diduga tempa tinggal di gorong-gorong Jalan Junjunan Kota Bandung. Penanganannya melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

“Mengenai temuan orang yang diduga tinggal di gorong-gorong, kita akan langsung tindaklanjuti. Kita akan bantu agar hal itu tidak terjadi,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Rabu (25/8/2021).

Oded mengaku telah menugaskan aparat Kecamatan Cicendo untuk mengecek status kependudukan orang yang diduga tinggal di gorong-gorong tersebut.

Jika orang tersebut beridentitas Kota Bandung, kata dia, akan diupayakan dapat tinggal di tempat yang layak. Namun apabila ternyata beridentitas luar kota, Pemkot Bandung akan membantunya untuk kembali ke kampung halamannya.

“Mang Oded juga telah meminta Dinas Sosial untuk menanganinya,” ujarnya.

Di samping itu, Oded juga telah meminta Kepala Dinas PU untuk mengecek gorong-gorong di kawasan yang lain.

“Nanti dari Dinas PU akan mengecek gorong-gorong lainnya. Selain memeriksa soal kondisi gorong-gorong, juga untuk memastikan tidak ada orang lainnya yang tinggal di gorong-gorong,” cetus Oded.

Saat ini, gorong-gorong di Jalan Junjunan telah dirapikan dan dibersihkan. Tidak terlihat lagi barang-barang perlengkapan rumah yang sebelumnya ditemukan oleh Dinas PU Kota Bandung. (cnn/abi)

Related posts

Bandung: Kota dengan Udara Terbersih di Asean

admin

Heboh Dentuman di Langit Bandung, Ini Kata BMKG

admin