Usung Tema ‘Kolaborasi Kepahlawanan Masa Kini, 32 Komunitas Sosial Di Surabaya Akan Adakan Baksos

Portaltiga.com – Sebanyak 32 komunitas sosial yang ada di Kota Surabaya akan menggelar acara bakti sosial dalam rangka memperingati hari pahlawan. Rencananya acara yang bertema Surabaya Berbagi ini akan digelar pada 17 Nopember mendatang di Rusun Sumbo Simokerto.

Acara yang digelar untuk kedua kalinya ini mengusung tema “kolaborasi kepahlawanan masa kini”. Acara yang sama juga pernah digelar Tahun lalu dan dilaksanakan pada 17 Agustus, dan tahun ini bertepatan dengan 17 Nopember.

Perwakilan panitia acara Anto.S dari komunitas jurnalis surabaya menjelaskan, ada banyak acara yang dikemas dengan bakti sosial (baksos) ini. Diantaranya cek kesehatan gratis untuk anak-anak dan orang dewasa, pemberian sembako untuk lansia, bingkisan anak yatim dan lain-lain.

“Acaranya banyak sekali, ada juga Workshop sabun jelantah, warung sedekah dan lainnya, ini murni kegiatan sosial yang melibatkan 32 komunitas,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di kantor PWI Jawa Timur, Rabu (13/11/2019).

Ketua Panitia Yuni Rahayu, menambahkan, acara kali ini sengaja dipulihkan tanggal yang memiliki momen. Seperti di tahun lalu bertepatan dengan 17 Agustus dan tahun ini tanggal 17 kembali dipilih namun dengan nuansa hari pahlawan yang jatuh di bulan November.

“Pemilihan tanggal ini disesuaikan dengan momen, tahun lalu agustusan dan tahun ini bertepatan dengan peringatan hari pahlawan,” ujarnya.

Ayu, panggilannya, mengungkapkan, tujuan dari baksos ini ingin membantu dan memberikan cinta. Relawan yang dilibatkan cukup banyak. 32 komunitas ini sama-sama memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Menurutnya, tema “kolaborasi kepahlawanan masa kini” sengaja diambil karena setiap zaman selalu ada pahlawan. Relawan yang berasal dari 32 komunitas sosial merupakan pahlawan yang tidak dikenang dan rela bekerja dengan ikhlas untuk membantu masyarakat Surabaya.

“Relawan ini pahlawan untuk bangsa dan Surabaya. Kami ingin relawan ini menjadi kepanjangan tangan pemkot untuk memakmurkan warga dan surabaya lebih tertata,” ucapnya.

Panitia lainnya, Bambang mengatakan, sebanyak 32 komunitas yang tergabung dalam acara Surabaya Berbagi Jilid II bertujuan untuk menggelar baksos. Sebab berbagi akan mendapatkan pahala.

“Kita berkumpul membuat baksos. Surabaya berbagi sebagai wadah silaturahmi,” pungkasnya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »