UNUSA Kirim Tim Medis Gelombang kedua, Bantu Korban Gempa Lombok

Portaltiga.com – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) mengirimkan 3 tenaga medis untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tim tersebut merupakan tim kedua yang sudah dikirim Unusa Peduli.

Koordinator Tim Medis Unusa Peduli, dr. Fifin Kombih mengungkapkan saat ini tim medis Unusa Peduli fokus di desa Santong kecamatan Terarah Kabupaten Lombok Utara. Tim medis Unusa Peduli yang berada di desa Sentong akan menangani tindakan darurat dan juga menyeleksi pasien untuk dirujuk ke RSU Daerah.

“Kami berposko di Puskesmas Sentong. Berbagai keluhan yang dirasakan korban salah satunya adalah ISPA,” ungkap di lokasi bencana desa Sentong, kecamatan Terarah, kabupaten Lombok Utara, Kamis (30/8/2018).

Ketua Unusa Peduli, Moh. Ghofirin, M.Pd. mengatakan, bantuan medis dari Unusa diharapkan bisa meringankan beban para korban yang berada di Lombok. Tim medis tersebut akan membantu korban yang membutuhkan bantuan kesehatan,” ungkapnya.

“Kami mengirim tiga orang untuk ke Lombok, 1 orang dokter umum, 1 tenaga medis (perawat) dan 1 mahasiswa Kerawatan Unusa,” katanya di lokasi yang berbeda, tower Unusa kampus B Jemursari Surabaya.

Ghofirin mengatakan, tim ini merupakan tim yang kedua dikirim UNUSA. Mereka akan melakukan perawatan korban yang sakit sekaligus akan mengidentifikasi bantuan tenaga medis yang dibutuhkan di sana.

Dari hasil identifikasi tim ini, Unusa akan kembali mengirimkan tim yang ketiga. Tim ketiga ini, kata Ghofirin, akan berangkat dengan obat-obatan dan peralatan medis yang lebih dibutuhkan.

“Tim yang kedua, target kami empat hari. Jika diperlukan, kami akan mengirim tim yang ketiga selama satu minggu,” ujarnya. (rgo/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION