Universitas Dr Soetomo Wisuda 553 Lulusan

Portaltiga.com – Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mewisuda 553 lulusan program D3, S1 dan S2, Minggu (7/4/2019).

Masing-masing dari Fakultas Ilmu Administrasi 47 orang, Fakultas Pertanian 99 orang, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan 43 orang, Fakultas Ekonomi & Bisnis 79 orang, Fakultas Teknik 41 orang, Fakultas Sastra 27 orang, Fakultas Ilmu Komunikasi 91 orang, Fakultas Hukum 87 orang, dan Fakultas Ilmu Kesehatan 39 orang.

Acara berlangsung di Dyandra Convention Center Jalan Basuki Rahmad Surabaya dipimpin rektor, Dr. Bachrul Amiq, SH, MH.

Dalam sambutannya, Bachrul Amiq antara lain menyampaikan pesan tentang perlunya para wisudawan terus meningkatkan kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja.

“Manfaatkan keberadaan Lembaga Sertifikasi Profesi Unitomo yang kini sudah berhak untuk melakukan asesmen dan mengeluarkan sertifikasi atas 24 skema kompetensi. Sayang kalau tidak dimanfaatkan sebab LSP Unitomo kini menjadi LSP perguruan tinggi dengan jumlah skema kompetensi terbanyak di Jawa Timur,” ujar Amiq.

Hampir semua wisudawan dari semua program studi yang ada di Unitomo, tambah Amiq, sudah menempuh sertifikasi dan dinyatakan kompeten oleh LSP Unitomo sebagai kepanjangan tangan Badan Nasional Sertikasi Profesi dalam menilai kompeten tidaknya seseorang dalam suatu bidang kerja.

“Namun begitu, upaya untuk terus meningkatkan kompetensi dalam bidang apa pun yang nantinya akan anda geluti harus terus dilakukan dan menjadi ikhtiar anda sepanjang hidup,” demikian pesannya.

Terpilih sebagai wisudawan terbaik untuk program S1 Rochmatul Amaliyah dari program studi Sastra Inggris yang meraih IP Kumulatif 3,91. Sedang untuk program S2, Umrul Faris dari program studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum dinyatakan lulus terbaik dengan IP Kumulatif nyaris sempurna 3,98.

Tak kalah menarik, sebagian besar undangan dari kalangan orang tua dan keluarga wisudawan hadir dengan busana daerah masing-masing.

Menurut ketua panitia, Dr. Siti Marwiyah, SH, MH, hal ini memang sesuai himbauan yang tercantum dalam undangan. “Kami mencoba berbuat sesuatu untuk menurunkan tensi politik menjelang pemilu minggu depan, dengan mengingatkan kita semua untuk tetap menjaga harmoni meski berbeda pilihan,” ujar Siti.

Karena alasan itu pula, tambah Siti, panitia wisuda kali ini juga mengundang mantan ketua Mahkamah Konstitusi Prof. Mahfud MD untuk memberi orasi kebangsaan dengan tema Harmoni Kebangsaan dalam NKRI.

“Melalui orasi ini kami berharap kita semua bisa tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam NKRI, serta mampu melalui hajat politik lima tahunan ini dengan baik dan damai,” demikian pungkasnya. (yudira/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION