portaltiga.com
Intermezzo

Unik, Upacara Hari Jadi Sumenep Gunakan Bahasa Madura

Portaltiga.com – Kabupaten Sumenep merayakan Hari Jadi ke-748 dengan upacara digelar di halaman kantor Pemkab setempat, Selasa (31/10/2017). Ada yang berbeda pada peringatan Hari Jadi ke-748 Kabupaten Sumenep kali ini. Pasalnya, Upacara digelar dengan menggunakan Bahasa Daerah Madura.

Seluruh pelaksanaan upacara, mulai pemberian aba-aba kepada peserta upacara, hingga sambutan Bupati Sumenep sebagai Inspektur upacara, dilakukan dalam Bahasa Madura. Selain itu, para peserta upacara juga mengenakan baju adat bangsawan Keraton Sumenep.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim berharap agar seiring dengan bertambahnya usia Kabupaten Sumenep, maka ada semangat untuk terus memajukan Sumenep.

“Sumenep harus lebih maju. Dengan semangat gotong royong, mari kita bersama-sama membenahi kabupaten kita tercinta ini. Kami juga berharap agar selalu ada inovasi lembaga pemerintahan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Bupati.

Menurutnya, saat ini adalah era kompetisi. Setiap daerah pasti berlomba-lomba melakukan inovasi. Demikian juga dengan Kabupaten Sumenep yang terus berikhtiar memajukan daerah. Salah satunya, Bandara Trunojoyo saat ini telah menjadi bandara komersial dengan penerbangan Sumenep- Surabaya PP setiap hari.

“Dengan makin mudahnya akses transportasi, diharapkan Sumenep akan semakin dilirik di kancah nasional. Apalagi menjelang ‘Visit Sumenep 2018’. Kami sudah menyiapkan even-even bertaraf nasional,” terangnya.

Upacara peringata Hari Jadi Sumenep tersebut diikuti Bupati, Wakil Bupati, jajaran forum pimpinan daerah (Forpimda), pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta sejumlah siswa. Usai upacara, juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada berbagai elemen, mulai sekolah, ASN, OPD, kelurahan, kecamatan, serta desa berprestasi. (bjc/tea)

Related posts

Cuaca Buruk, Paksa Nelayan Kabupaten Sumenep Tak Melaut

admin

Presiden Jokowi Sarungan Kunjungan ke Jawa Timur

admin

Listrik di Madura Nyala 24 Jam Malah Dianggap Aneh

admin