Unair Berikan Penghargaan Kepada Kapolrestabes Surabaya

11/11/2017
19 Views

Portaltiga.com – Dalam rangka dies natalis Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ke-63, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol M. Iqbal menerima penghargaan dari Unair karena dinilai telah menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara pihak kepolisian dan universitas.

“Unair tidak mungkin berdiri sendiri. Kami memerlukan mitra dari berbagai pihak, salah satunya dari pihak kepolisian, khususnya yang ada di Surabaya. Selama ini komunikasi berjalan dengan baik sehingga iklim pendidikan di Unair bisa kondusif,” ujar Rektor Universitas Airlangga, Prof Dr Mohammad Nasih pada detikcom, Jumat (10/11/2017).

Menurut Nasih, berkat ketanggapan dan komunikasi yang baik dengan pihak kepolisian, berbagai dinamika yang terjadi di lingkungan pendidikan dapat dikelola dengan baik.

“Dinamika Universitas Airlangga sangat dinamis. Tapi atas pendekatan pihak kepolisian yang sangat manusiawi dan akademis, lingkungan pendidikan paling tidak bisa kondusif. Memang ada riak tapi itu biasa dan bisa dikelola sehingga kami bisa bekerja optimal untuk meraih tujuan,” jelasnya.

Adapun menurut Nasih, pihak kepolisian selama ini sangat sering melakukan komunikasi dengan pihak kampus, baik pada mahasiswa maupun pada para pimpinan.

“Ini yang kami salut, pak Iqbal sering berdiskusi dengan teman-teman mahasiswa dan pimpinan internal melalui dialog, seminar, diskusi-diskusi yang digelar dengan pendekatan yang humanis,” ujarnya.

Sementara itu, Iqbal mengatakan, hal tersebut sebagai salah satu strategi kepolisian.

“Jadi polisi tidak hanya menunggu, tidak hanya reaktif tapi juga proaktif. Untuk itulah sosok kapolrestabes hadir di kampus, menyapa civitas akademika melalui diskusi, seminar, dialog, sambil bersilaturahmi, menambah teman juga mengasah dimensi intelektual,” ungkapnya.

Hal tersebut tidak hanya dilakukan polisi di satu sektor saja, tapi dalam semua elemen masyarakat.

“Kita silaturahmi, berdialog, seperti yang waktu lalu kita lakukan di warung cokroaminoto, ada banyak mahasiswa. Kita ngobrol tentang isu apa saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Iqbal menambahkan, hal tersebut efektif untuk menjaga stabilitas keamanan.

“Secara kuantiti dan kualiti, gangguan keamanan bisa dikelola. Satu tujuannya yakni kita sepakat keamanan adalah investasi untuk menjalankan semua roda kehidupan, termasuk di dalamnya pendidikan, beribadah, dan lain-lain,” pungkasnya.

M Iqbal menerima penghargaan dari Unair disaksikan Chairman CT Crop, Chairul Tanjung serta civitas akademika dan tamu undangan lainnya. (dtc/tea)

Leave A Comment