portaltiga.com
Politika

UN Habitat, Jalan Walikota Mustajab Tutup Total

Portaltiga.com, SURABAYA : Rekayasa arus lalu lintas (lalin) saat acara Prepcom 3 for UN Habitat  akan dilakukan, Senin (25/7) hari ini. Mulai pukul 16.00 sampai pukul 22.00 malam Jl Walikota Mustajab ditutup total dalam acara Welcome Dinner di Taman Surya Balai Kota.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, peserta dari perwakilan 193 negara atau sekitar 2.500 orang akan berjalan kaki dari Grand City Convex menuju acara Welcome Dinner di Balai Kota. Demikian juga arus lalu lintas yang menuju Jl Wali Kota Mustajab dialihkan ke Jl Ketabang Kali dan Jl Ngemplak.

“Arus lalu lintas dari Jalan Wali Kota Mustajab ke Grand City akan dialihkan mulai jam 3 sore dan ditutup total jam 4 sore hingga jam 10 malam,” kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Adewira Negara Siregar saat dikonfirmasi.

Adewira menjelaskan, untuk parkir para peserta tetap dilakukan di Grand City. Sementara untuk parkir pendukung acara akan diberi lahan parkir di Jl Kusuma Bangsa. Sementara untuk parkir mobil penjemputan para tamu usai Welcom Dinner dan kembali ke Grand City, akan diberi lahan di Jl Sedap Malam sisi utara, Jl Jimerto, Jl Wijaya Kusuma, Jl Pacar dan Jl Jaksa Agung.

Ditambahkan Adewira, penutupan jalan akan dilakukan juga pada 25-27 Juli di Jl Yos Sudarso, Wali Kota Mustajab, Boulevard, Ketabang Kali sampai traffic light Gubeng Pojok. Penutupan ini dilakukan karena ada even Festival Kalimas yang diisi lomba Perahu Naga dan Fashion Parade Perahu Hias.
“Alur menuju monumen kapal selam (Monkasel) ada penutupan jalan, demikian juga arus lalu lintas di sepanjang Kalimas akan ditutup total pukul 4 sore hingga pukul 10 malam,” tambahnya.

Selain itu, mantan Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jatim ini mengaku, penutupan jalur akan dilakukan lagi pada 25-26 Juli. Hal ini bertepatan dengan even Festival Tunjungan (kuliner) dan pencanangan Surabaya merdeka dari sampah. “Mulai pukul 1 sore hingga pukul 11 malam, arus lalu lintas yang menuju ke Jl Tunjungan akan dialihkan ke Jalan Praban,” ucapnya.

Disinggung terkait pengamanan lalu lintas saat acara, lulusan Akpol 1999 ini menegaskan, pengamanan acara di pimpin sepenuhnya oleh Polda Jatim. Sebanyak 3.000 personel Polda Jatim dikerahkan guna pengamanan, ditambah dengan personel dari Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran.

“Seluruh anggota terlibat dalam pengamanan dan pengalihan arus lalu lintas. Semua fokus kepada penjagaan rute dan semua Polsek jajaran melakukan pengamanan di titik-titik kampung yang menjadi kunjungan peserta Prepcom 3 for UN Habitat,” pungkasnya.