portaltiga.com
Headline Umum

UMKM Surabaya Perlu Dukungan Lebih

Portaltiga.com – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Surabaya perlu mendapatkan suport lebih di masa pandemi. Dukungan Pemkot dalam membantu di bidang sistem pemasaran dan permodalan menjadi hal penting agar UMKM dapat berkembang.

Anggota komisi B (bidang perekonomian) DPRD Kota Surabaya John Thamrun mengatakan, dukungan penuh terhadap UMKM perlu terus digalakkan khususnya di masa pandemi. Karena UMKM merupakan pilar ekonomi masyarakat.

“Pemerintah Kota Surabaya untuk lebih aktif lagi, lebih membantu lagi masyarakat di Sumur Welut ataupun di wilayah lain agar perputaran roda ekonomi bisa berputar lebih cepat lagi, sesuai apa yang disampaikan Presiden Jokowi,” jelasnya saat mengunjungi Bazar Gelar Produk UMKM di Kantor Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri, Sabtu (20/11/2021).

John Tamrun menginginkan Pemkot Surabaya semakin rutin menggelar kegiatan bazar dan berbagai pelatihan untuk menggairahkan daya beli dan daya saing UMKM. Sedang untuk masalah pendanaan, dirinya meminta sektor perbankan perlu dilibatkan untuk memberikan dukungan permodalan dengan bunga rendah.

“Tentu mendorong ada program dari eksekutif khususnya Bu Lurah dari Sumur Welut untuk mengadakan bazar ini secara rutin, saya sebagai legislatif tentu akan menyampaikan hal ini di tingkat Pemkot Surabaya agar keran pendanaan kerjasama dengan seluruh perbankan Pemkot, maupun milik pemerintah di tingkat nasional harus bisa mensuport,” tutur politisi PDIP ini.

John Tamrun melihat bahwa sesungguhnya UMKM yang saat ini ada, mempunyai potensi besar untuk naik kelas. Artinya sudah saatnya pemasaran produk UMKM tidak hanya di tingkat kota, tapi juga hingga tingkat nasional.

“Saya lihat produk UMKM mulai dari tas, topi, makanan bahkan minuman ini seharusnya keluar dari Surabaya. Artinya, produk UMKM tersebut sudah saatnya dibantu lebih meluas lagi menuju ke tingkat nasional,” kata pungkasnya.

Sementara itu, Sri Wahyuningtyas selaku Lurah Sumur Welut menyebutkan, sudah banyak produk UMKM dari Sumur Welut yang masuk ke Pemkot dan sudah banyak produk UMKM yang diakui oleh Pemerintah Kota Surabaya.

“Cuman saya masih butuh bantuan dari pihak-pihak terkait untuk mengangkat dan lebih memajukan lagi produk UMKM yang ada di Sumur Welut ini,” katanya.

Khusus di Kelurahan Sumur Welut sendiri, Sri menyebutkan ada banyak sekali UMKM. Namun yang sudah terdata di Pemkot telah mencapai puluhan UMKM dengan berbagai jenis usaha.

“Nanti kita akan berusaha untuk melakukan bazar-bazar ini, dan ini sudah yang kedua kalinya, pertama tanggal 16 Oktober,” pungkasnya. (tea/tea)

Related posts

Bappeko Surabaya Dorong UMKM Bulak Hasilkan Produk Go Internasional

admin

DPRD Minta Pemkot Beri Pembinaan RHU

admin

Pandemi Di Surabaya Turun, John Tamrun: Tetap Tegakkan Prokes

admin