portaltiga.com
Headline Umum

UINSA Gelar PBAK Bagi 4.670 Maba

Portaltiga.com – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) menggelar Program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi Mahasiswa Baru (Maba) di Kampus UINSA Jalan Ahmad Yani Surabaya. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak Kamis-Jumat 2-3 September 2021 ini diikuti secara virtual 4.670 Maba tahun akademik 2021.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Muhid, M.Ag., menjelaskan, PBAK merupakan suatu program kegiatan yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk mengenal kehidupan akademik di kampus.

“”Untuk itu, bagi mereka perlu mendapatkan pengarahan dan informasi tentang kampus. Baik masalah akademik dan lainnya yang sangat diperlukan dalam rangka untuk kesuksesan dan keberhasilan pendidikan mereka,” ujar Dr. Muhid, Kamis (02/09/2021).

Dr. Muhid juga menegaskan, bahwa mahasiswa sebagai salah satu unsur Civitas Akademika yang perlu memiliki kecintaan terhadap akademik dan almamater. Selain itu, mahasiswa baru juga mempunyai kewajiban menuntut Ilmu pengetahuan selama kurang lebih 8 semester untuk jenjang Strata Satu (S1).

Drs. H. Nur Kholis, M.Ed. Admin., Ph.D., selaku Ketua Panitia PBAK UINSA Surabaya Tahun 2021 juga menjelaskan, kegiatan PBAK kali ini mengusung tema ‘Generasi Millenial Teguhkan Moderasi Keagamaan dan Wawasan Kebangsaan serta Kuatkan Produktivitas dan Inovasi Menuju Era Post Pandemi Covid-19.’

Tema ini dinilai relevan dalam bingkai kebangsaan Indonesia yang majemuk dan kaya akan ragam budaya dan sosial. Pemahaman akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa di atas egoisme pribadi dan golongan menjadi modalitas kuat generasi muda bangsa, agar tumbuh menjadi pribadi yang agamis namun tetap sosialis.

“Tiga karakter; intelektualitas, religiusitas, dan sosialitas jika bisa diinternalisasikan dalam diri mahasiswa, maka mereka akan menjadi generasi yang kaffah. Sehingga kelak, bahkan ketika tidak lagi berada di era pandemi, mahasiswa akan terlatih menjadi pribadi yang produktif, cinta damai, serta memahami situasi di kehidupan kampus secara lebih baik,” tegas Nur Kholis, Ph.D yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA ini.

Disamping pengenalan, kegiatan PBAK UINSA Surabaya Tahun 2021 juga dimeriahkan dengan kompetisi pembuatan video pendek bertema ‘Moderasi Beragama’. Kompetisi ini menjadi ajang bagi Maba untuk menciptakan ide dan gagasan serta kreatifitas. Tiga video terbaik, pun akan diberikan sertifikat penghargaan serta uang pembinaan. (tea/tea)

Related posts

Panlok 50 Surabaya Gelar Simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer

admin

Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dimungkinkan Berbasis Android

admin

Buat Inovasi Anti Penuaan, Antarkan 3 Mahasiswa UNAIR Raih Medali di Malaysia

admin