Turis Asing Tak Takut ke Indonesia

SURABAYA (Portaltiga.com) – Pasca terjadinya serangan teroris di Jakarta, tak menyurutkan antusias turis asing untuk berkunjung di Indonesia.

Seperti di kota Surabaya, belasan turis asing dari beberapa negara di Asia seperti Jepang, Tiongkok, Korea dan Malaysia melakukan kunjungan dengan belajar budaya Jawa Timur.

Di gedung Balai Pemuda Surabaya, mereka belajar melakukan membuat jajanan Klepon. Selain menunjukkan bahwa Indonesia masih aman, tujuan mereka juga akan memperkenalkan budaya Indonesia ke negaranya masing-masing.

“Saya yakin di sini masih aman. Saya pilih membuat Klepon. Sebab, selain mudah membuatnya, rasana juga enak.” kata turis asal Tiongkok, Ying Jie Ma.

Diakui oleh Kepala Bidang Objek dan Promosi Wisata Dinas Pariwisata Kota Surabaya, ida Widayati, pasca serangan teror di Jakarta, ada sedikit dampak. Dimana, beberapa turis manca negara ada yang membatalkan kunjungannya ke Surabaya. Tetapi, minat turis lain yang ingin datang, juga tidak kalah banyak.

“Memang ada sedikit dampak. Tap kita berharap mereka berpromosi tentang Surabaya. Yang ada di Surabaya, bisa mereka ceritakan disana dan akan menarik wisatawan dari negara-negara menereka untuk datang ke Surabaya.” ujarnya.

Ida menambahkan, para turis yang datang merupakan duta wisata dari beberapa negara. Dengan perkenalan budaya ini, diharapkan dapat menarik minat wisatwan asing datang ke Indonesia, khususnya Surabaya, karena Indonesia masih aman dan memiliki keragaman budaya tradisional yang indah. (jab)

JOIN THE DISCUSSION