Tumbuhkan Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Nonformal

Portaltiga.com – Rasa khawatir orang tua terhadap anak memang hal yang wajar. Apalagi jika nantinya anak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif ataupun yang lebih buruk menghadapi penculikan anak yang masih saja terjadi.

Untuk itu orang tua perlu mendampingi anaknya untuk melakukan aktivitas positif yang disukai anak sekaligus dapat menambah keberanian anak agar lebih percaya diri. Terutama ketika menghadapi lingkungan tempat anak beraktifitas.

“Cukup miris dan khawatir dengan adanya penculikan anak dan kriminilitas anak. Makanya saya sengaja mendorong anak saya untuk aktif dengan berbagai kegiatan yang berhadapan dengan public, seperti salah satunya drumband yang diadakan sekolah,” ungkap sosialita Michilia Levi.

Pilihan mengikutkan anaknya kegiatan non formal seperti bermain drum band menurutnya merupakan kegiatan yang komplit untuk membantu anak mengembangkan dirinya.

Hal ini karena menurut ibu yang memiliki anak berusia 6 tahun ini selain memberikan edukasi musik, bermain drumband juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak agar lebih berani tampil di depan umum.

“Otomatis nantinya dia juga akan menjadi lebih berani dan welcome kepada diri sendiri, dan secara tidak langsung ini aku yakini juga bisa menjadikan dia bisa melindungi diri sendiri dari orang orang yang dirasa akan berbuat jahat dengan berteriak minta tolong, atau meminta bantuan ke orang orang sekitar,” ungkap perempuan berparas cantik ini.

Keberanian anak menjadi hal penting karena sebagai orang tua terkadang tidak bisa mengawasi anak seratus persen. Oleh karenanya, menurut Mevi sapaan akrabnya, penting untuk terus melibatkan anak dalam kegiatan non formal selain juga mengawasinya dalam kegiatan belajar formal.

Perempuan yang menyandang status sebagai sosialita Inipun rela kepanasan dan kehujanan demi menemani sang buah hati hingga menampilkan hasil latihannya di acara Parade Senja Pemprov Jatim.

Terbukti, anaknya dapat tampil memukau dan percaya diri sekalipun dihadapan orang banyak yang memadati area Grahadi.

“Makanya saya berharap dengan mengikutkan anak anak pada kegiatan kegiatan informal ini bisa membuat anak percaya diri dan berani,” pungkasnya. (tea/tea)

JOIN THE DISCUSSION