TNI Perbatasan Meriahkan Maulid Nabi Dengan Hadrah

13/12/2016
179 Views

Portaltiga.com, PAPUA – Tim Hadrah Marawis “Branjangan” dari Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan Yonif Mekanis 516/CY yang di bawah pimpinan Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si bersama DKM Masjid Miftahul Huda dan masyarakat perbatasan RI-PNG di Distrik Mannem menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/2106 M.

Peringatan Maulid Nabi dihadiri sekitar 300 jamaah yang datang dari berbagai Distrik di Kab. Keerom, dengan penceramah Al-Habib Muhammad Insani bin Ali Assegaf dari Jakarta.

Maulid nabi dengan tema “Mari Kita Jadikan Akhlak Rasulullah sebagai Suri Tauladan untuk Mewujudkan Masyarakat yang Rukun, Aman serta Mempererat Tali Silaturahim antar TNI dan Masyarakat di Kabupaten Keerom” yang digelar di Masjid Miftahul Huda Kampung Wonorejo Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua, Senin malam (12/12/2016).

Dalam kegiatan ini, Al-Habib Muhammad Insani bin Ali Assegaf memimpin pembacaan shalawat Nabi Muhammad SAW yang diiringi Tim Hadrah Marawis “Branjangan”, diawali dengan pembacaan risalah tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW dan pembacaan Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang dibawakan oleh personel Satgas.

Al-Habib Muhammad Insani bin Ali Assegaf dalam ceramahnya mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, juga menghimbau kepada para jamaah untuk menjadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai tolak ukur untuk memperbaiki kualitas diri dengan meneladani sikap dan akhlak Rasulullah SAW yang membawa rahmat bagi alam semesta.

“Saling mengasihi sesama, menjalin tali silaturahim yang baik tidak hanya dengan sesama muslim, juga dengan masyarakat lain, sehingga terjalin sikap saling tolerasi, saling menghormati antar pemeluk agama, agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah bangsa Indonesia,” ujar Al-Habib Muhammad Insani bin Ali Assegaf.

Sementara itu, Komandan Satgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, karena dapat bekerja sama dengan masyarakat Kab. Keerom Papua menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H, sehingga kegiatan yang dilaksanakan ini dapat semakin memperat tali silaturahim antara TNI dan Masyarakat.

“Semoga kegiatan yang diselenggarakan ini kita dapat mengambil hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dengan meneladani akhlak dan kepemimpinan Rasulullah SAW dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai persoalan bangsa yang semakin kompleks,” dikatakan Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si.

“Walaupun dalam melaksanakan tugas, kita harus tetap menjalankan ibadah,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad diakhiri dengan doa dan ramah tamah serta penampilan Marawis Islami yang dibawakan oleh Prajurit TNI dari Satgas Yonif Mekanis 516/CY, ditutup dengan shalat Dhuhur berjamaah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Satgas Yonif Raider 700/WYS, Ketua MUI Kabupaten Keerom dan Kepala Kampung Wonorejo serta Babinsa Koramil Arso.

Leave A Comment