Tips Menjalankan Puasa Bagi Orang Yang Memiliki Riwayat Hipertensi

Portaltiga.com – Bulan puasa merupakan bulan dimana umat islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. salah satu caranya adalah dengan melakukan ibadah puasa.

Namun bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi juga harus hati-hati dalam menjalankan puasa, agar puasa dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Berikut ini adalah tips berpuasa untuk orang yang memiliki riwayat hipertensi.

1. Perbanyak minum air putih

Ketika puasa, dehidrasi sering menjadi kendala tersendiri. Maka pastikan asupan air putih cukup baik. Manfaatkan momen sahur dan buka puasa untuk minum air putih secukupnya. Seperti menerapkan pola 2-4-2. Pola apakah itu?

Jadi dalam sehari kamu tetap bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih per hari. Kita bisa minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam (setelah tarawih), dan 2 gelas air putih saat sahur. Nah, dengan demikian kebutuhan air pun terpenuhi dengan baik.

2. Kurangi makanan tinggi garam

Makanan yang terlalu banyak garam merupakan pemicu tekanan darah tinggi. Nah, pastikan konsumsi makanan ini dikurangi. Ada baiknya kamu membuat makanan khusus yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber makanan yang paling penting dan harus tersedia pada menu makan sahur atau berbuka. Buah dan sayur memiliki senyawa yang dapat mengurangi efek natrium pada darah. Tentu saja ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil selama berpuasa.

Selain tiga hal di atas, jika kamu menderita tekanan darah tinggi, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Perhatikan pola makan dan rutin mengecek tekanan darah. Semoga informasi ini bermanfaat dan puasa kamu lancar. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION