Tips Memilih Oli Motor Matik Yang Benar

Portaltiga.com – Memiliki kendaraan terutama untuk yang berjenis matik tentu harus dirawat agar kendaraan dapat dikendarai dengan aman dan nyaman.

Salah satu hal yang wajib dicermati adalah persoalan oli. Pemilihan oli juga dapat berpengaruh terhadap performa motor matik anda. Oli sendiri memiliki bahan yang halus sehingga mampu mencegah benturan antara logam yang ada pada mesin.

Perlu dicatat, jika Anda ingin membeli oli, tentu harus mengetahui oli mana yang cocok untuk motor matik Anda. Pasalnya, berbagai pabrikan telah memiliki oli sendiri. Namun begitu oli aftermarket juga banyak pilihannya, dengan berbagai kelebihan.

Memilih oli mesin yang berkualitas untuk sepeda motor matik ini sangat penting karena bisa menjaga performa sepeda motor . Untuk menjaga kualitas mesin, sebaiknya ganti oli mesin secara rutin.

Oleh karena itu, kali ini situs resmi Wahana Honda memberikan beberapa tips memilih oli sepeda motor matik yang baik dan sesuai dengan kebutuhan, yakni:

1. Sesuaikan dengan Rutinitas

Menyesuaikan kebutuhan oli sepeda motor matik dengan rutinitas ini perlu dilakukan. Jika Anda sering melewati lalu lintas yang padat dan membuat sepeda motor sering berhenti, maka memerlukan oli yang memiliki zat aditif.

Motor yang sering berhenti ini akan membuat mesin cepat panas, dan zat aditif ini mampu mengurangi panas mesin sepeda motor.

2. Pilih Kekentalan

Oli yang dibutuhkan sepeda motor matik berbeda dengan sepeda motor lain. Sepeda motor matik membutuhkan oli dengan kekentalan yang tepat.

Sebaiknya jika Anda mencari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matik.

3. Pilih yang Berkualitas

Banyaknya produsen oli saat ini, mewajibkan untuk lebih teliti memilih oli. Tapi perlu diketahui, pilih oli yang memiliki sertifikat API dan JASO. Adanya sertifikat API ini berarti oli sudah diuji oleh American Petroleum Institute dan banyak dipakai di Negara Eropa.

Sedangkan JASO ini berarti oli telah di cek kualitas oleh Japanese Automotive Standar Association dan oli ini juga banyak dipakai di Jepang. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION