Headline News

Tingkatkan Pemasukan APBD, Jatim Jajaki Kerjasama Perdagangan Dengan Eropa

15/09/2016
424 Views

 

Portaltiga.com: Pemprov Jatim sedang melebarkan sayapnya di sektor ekonomi untuk menarik eksport import di Jatim untuk menambah pundi-pundi APBD Jatim. Salah satunya yaitu menjalin kerjasama perdagangan dengan negara Eropa salah satunya dengan Jerman.

Menurut Kepala Biro Ekonomi Sekdaprov Jatim, Jumadi mengatakan alasan dipilihnya Jerman karena negara tersebut saat ini merupakan pusat perdagangan di Eropa setelah mengalahkan Inggris. “Kami sudah kesana dengan membawa barang-barang produk Jatim yaitu furniture alam. Kami gelar pameran di sana dan responnya sangat luar biasa,”ungkapnya saat ditemui dikantornya, Kamis (15/9). Jumadi mengungkapkan ke depannya, nanti akan banyak komoditi Jatim yang akan diusung kesana termasuk komoditi mamin.”Kopi, Kakao dan tembakau Jatim sangat layak juga dibawa kesana,”lanjutnya.

Pria asal Sragen ini mengatakan dari penjajakan kerjasama tersebut, kedepannya akan direalisasikan pembangunan Jatim Mart di Jerman.”Kemarin kami mencoba furniture alami karena masyarakat Jerman suka produk-produk ramah lingkungan. Ke depan kami akan coba Jatim Mart seperti di Singapura untuk diterapkan di Jerman. Sekarang masih dalam kajian untuk layak atau tidaknya Jatim mart di Eropa,”imbuhnya.

Ditambahkan oleh Jumadi, ditengah-tengah adanya penurunan pendapatan disektor ekonomi saat ini, Pemprov Jatim melakukan berbagai cara untuk bisa memberikan pendapatan APBD Jatim.”Salah satunya upayanya dengan melakukan penjajakan perdagangan ini dengan negara lain,”pungkasnya. (Yudhie)

Leave A Comment