Timnas Gagal ke Final, Menpora Teteskan Air Mata

Portaltiga.com – Kekalahan tipis 1-0 Indonesia atas tuan rumah Malaysia di babak semifinal cabang olahraga sepakbola SEA Games 2017, membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sedih. Saking sedihnya, Nahrawi sempat meneteskan air mata usai menyaksikan Evan Dimas dkk gagal melangkah ke babak final.

“Anak-anak sudah berjuang habis-habisan di lapangan. Tapi, sayang pada akhirnya kalah,” katanya usai nonton bareng (nobar) semifinal Malaysia lawan Indonesia di kediamannya kawasan Gayungsari Surabaya, Sabtu (25/8/2017) malam.

Sejak kick off babak pertama, Nahrawi sangat serius melihat penampilan Timnas Indonesia dari layar lebar. Sesekali menteri asal PKB itu berdiri jika Evan Dimas dkk gagal mencetak gol ketika memperoleh peluang emas. Ketika gol Malaysia tercipta, Nahrawi pun tertunduk lesu. Matanya tampak berkaca-kaca. Air matanya tiba-tiba menetes.

Sempat memberikan harapan bisa menahan imbang Malaysia, namun lima menit menjelang bubaran, gawang Indonesia yang dijaga Satria Tama jebol oleh sundulan kepala pemain depan Malaysia. Nahrawi pun tertunduk lesu.
“Semua menyaksikan timnas memberikan penampilan terbaik. Tapi apa daya tidak menang. Selamat kepada malaysia,” tuturnya.

Usai gelaran SEA Games, Nahrawi meminta PSSI untuk melakukan evaluasi timnas. Utamanya lini depan yang kurang tajam. Esra yang menjadi striker tunggal tidak mampu mencetak gol. Padahal, dia memiliki beberapa peluang emas.

“Saya melihat banyak peluang tak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penyerang kita. Harapan kita dengan Esra ditarik keluar lini depan ada perubahan. Namun, tetap saja tumpul,” ungkapnya.

Apakah evaluasi tersebut, juga ditujukan kepada pelatih Mila yang gagal memenuhi target merebut medali emas. “Kita tunggu evaluasi PSSI. PSSI pasti tahu apa saja yang perlu di evaluasi,” sergahnya.

Evaluasi ini, lanjutnya, juga berlaku pada seluruh cabang olahraga, karena masing-masing memiliki target. “Kita juga akan meminta evaluasi KONI dan KOI atas capaian prestasi di SEA Games Malaysia,” ujarnya.

Secara khusus, Nahrawi memuji suporter Indonesia di Malaysia yang sudah mendukung timnas habis-habisan. “Terimakasih kepada suporter di Malaysia. Mereka sangat tertib. Jangan ada gesekan-gesekan, walau timnas kalah dari Malaysia,” ucapnya. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »